Sosok

Biografi Nicholas Malebranche, Dari Perjalanan Hidup, hingga Karyanya

Nicolas Malebranche
I love good and pleasure, I hate evil and pain, I want to be happy and I am not mistaken in believing, that people, angels and even demons have those same inclinations. - Nicolas Malebranche

Pewartanusantara.com – Filsafat merupakan ilmu yang sangat popular sejak zaman dahaulu. Banyak teori mengenai filsafat yang dikemukakan oleh tokoh terkenal. Salah satu filsuf hebat dalam bidang ini adalah Nicholas Maleranche yang telah menghasilkan banyak karya semasa hidupnya. Berikut adalah biografi Nicholas Malebranche, sang filsuf yang sangat terkenal.

Riyawat Pendidikan

Nicholas Malebranche memulai Pendidikan dasarnya dengan bantuan guru pribadi. Hal ini dikarenakan Nicholas Malebranche menderita kelainan pada tulang belakangnya.

Selanjutnya Malebranche melanjutkan Pendidikan filsafat di College de Ia Marche di usianya yang ke 16 tahun. Tak berhenti di situ Nicholas Malebranche juga mengenyam Pendidikan teologi di College de Sorbonne.

Bahan bacaan Nicholas Malebranche selama mengenyam Pendidikan bsnyak mempengaruhi karyanya. Buku yang biasa Nicholas Malebranche adalah Descartes yang berhubungan dengan fisiologi pada tubuh manusia. Nichols Malebranche semasa hidupnya juga dikenal pernah mempelajari ilmu tentang sistem cartesian.

Perjalanan Karir Nicholas Malebranche

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari biografi Nicholas Malebranche adalah perjalan karirnya. Usahanya untuk menjadi filsuf hebat juga disertai dengan berbagai pemikiran dasar. Karya yang diterbitkan oleh Nicholas Malebranche cukup melegenda. Isi dari buku yang diterbitkan oleh Nicholas Malebranche erat kaitannya dengan antara manusia dan tuhan.

Nicholas Malebranche juga pernah menemui kritik sepanjang karirnya dalam menerbitkan karya. Kritikan tersebut dijawab oleh Nicholas Malebranche melalui karya yang berisi pemikiran lebih luas dan pengembangan pendapat. Nicholas Malebranche juga memberikan penekanan terhadapa hal yang dikritik tersebut.

Karya berjudul Risalah Tentang Alam Dan Rahmat merupakan pemikiran luas dari seorang Nichlas Malebranche. Pada karya ini Malebranche bagaimana hokum tuhan dalam mengatur secara luas perilaku-Nya. Karya ini menjabarkan bagaimana kekuasaan tuhn dalam memberikan karunia-Nya kepada umat manusia.

Nicolas Malebranche
Just as our eyes need light in order to see, our minds need ideas in order to conceive. – Nicolas Malebranche

Karya-Karya Nicholas Malebranche

Hasil karya Nicholas Malebranche yang pertama  kali berhasil diterbitkan berjudul Pencarian Dalam Kebenaran. Karya ini berhasil diterbitkan pada 1674 dan dikembangkan setelah 4 tahun berikutnya. Berikutnya Nicholas Malebranche menerbitkan karya bertajuk Risalah Tentang Alam Dan Anugerah pada atahun 1680.

Pada tahun-tahun berikutnya Nicholas Malebranche cukup aktif dalam menerbitkan karyanya. Malebranche pernah menerbitkan karya hebat berjudul Dialog Antara Seorang Filsuf Kristen Dan Filsuf Tiongkok. Karya Nicholas Malebranche sangat mashyur dan dijadikan dasar pemikiran oleh banyak filsuf pada gnerasi berikutnya.

Kepercayaan Filsafat Nicholas Malebranche

Nicholas Malebranche meyakini bahwa semua kemampuan manusia, gerak badan, dan tindakan berpengaruh pada kehendak Tuhan. Malebranche juga percaya bahwa ide atau pemikiran manusia berasal dari representasi dari Tuhan. Kekuatan ilahi ditemukan dalam bentuk perenungan intelektual yang diterapkan secara universal.

Malebranche memiliki pandangan bahwa meskipun semua atas kehendak tuhan, namun manusia tetap bisa memilih. Pilihan ini sebatas dalam hal-hal yang tidak meyakinkan maupun menangkal kehendak atas dasar kebaikan bersama. Nicholas Malebranche juga berpendapat bahwa manusia bisa menerapkan kasih tuhan pada hal yang umum.

Kontribusi Ilmiah

Nicholas Malebrance bukan hanya mempublikasikan karya filosofis saja, melainkan juga memiliki kontribusi besar dalam bidang lmiah. Malbranche menyumbangkan fikiran tentang sistem caartesian yang diperlajarinya saat mengenyam pendidikan. Sistem ini merupakan hal yang penting untuk dunia fisika.

Kontribusi lainnya dari Nicholas Malebranche adalah pendapatnya tentang sifat warna dan cahaya. Pendapatnya ini berisi mengenai adanya perbedaan frekuensi pada setiap warna. Malebranche juga memberikan gagasannya mengenai teori hukum gerak yang dikupasnya secara luas bersama dengan Leibniz. Itulah beberapa hal yang perlu diketahui dari biografi Nicholas Malebranche. Tokoh filsuf ini meninggalkan karya besar yang berguna untuk kemajuan ilmu pendidikan.

Baca juga: Biografi Antoine Arnauld dan Karir Intelektualnya

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.