Pewarta Nusantara

Rumah Adat Riau

Rumah Adat Riau Saloso Jatuh Kembar
foto/fotoistimewa

PEWARTANUSANTARA.COM – Selaso Jatuh Kembar merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Riau. Tidak jauh berbeda dengan rumah adat di pulau Sumatera. Rumah adat Riau ini bentuknya ialah rumah panggung dengan ukuran yang besar dan mempunyai selaso atau selasar. Dimana posisinya lebih rendah dibandingkan dibagian ruang tengah. Bila mana anda melihat rumah adat ini secara keseluruhan, terbuat dari bahan alam. Mulai dari atap, dinding bahkan sampai dengan lantainya. Semuanya terbuat dari bahan alami yang kualitasnya sangat bagus.

Rumah Selaso Jatuh Kembar ini awalnya merupakan balai yang digunakan untuk pertemuan adat. Meskipun rumah ini pada awalnya tidak dipakai sebagai tempat tinggal. Akan tetapi dalam susunannya terbagi menjadi beberapa ruang. Fungsi dari masing-masing ruang berbeda-beda. Ada yang dipakai tempat musyawarah adat. Ada pula ruang penyimpaman alat adat adat serta dilengkapi ruang dapur.

Tidak hanya berukuran besar saja. Rumah Selaso Jatuh Kembar ini mempunyai tingkatan yang menjadi karakteristik dari rumah adat ini. Dari situlah kemudian rumah adat Riau mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jenis rumah adat lainnya. Diantaranya; Rumah ini mempunyai Sukobayung. Ini adalah Silangan yang terdapat di ujung atap. Sebuah simbol tentang religiusitas yang dimiliki oleh penduduk Melayu Riau.

Ada dua tingkatan loreng yang mana terdapat lubang angin dengan ukuran yang besar. Pada bagian depan terdapat hiasan berupa ukiran khas etnik Melayu. Motifnya bisa berupa tumbuhan atau hewan. Di mana sebagai tanda bahwa masyarakat Riau sangat bepengaruh dengan adanya hutan.

Dominasi warna dari ukiran yang disebutkan tadi ialah kuning dan merah. Dengan motif yang beragam, seperti selembayung, bergayut, atau pucuk rebung.
Rumah adat ini kebanyakan menghadap tepat ke sungai. Tanda bahwa masyarakat sangat bergantung akan kehadiran sungai. Membuat mereka bisa berpindah-pindah tempat.

Itulah beberapa ciri yang melekat pada rumah adat provinsi Riau. Semuanya ciri khas tadi membuat rumah ini berbeda dengan rumah Melayu lainnya. Adanya informasi ini, bisa menambah khasanah pengetahuan untuk mengenal rumah adat di provinsi Riau.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement