Pewarta Nusantara

Rumah Adat Sumatera Barat

Rumah Gadang
foto/balubu.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Rumah Gadang adalah rumah adat yang berada di Provinsi Sumatera Barat.  Orang Minangkabau atau suku asli dari provinsi ini umumnya bertempat tinggal di rumah tersebut. Berdirinya rumah gadang ini tidak lepas dari yang namanya sejarah, dengan berbagai gaya yang berbeda. Belum lagi masalah struktur dan karakteristik dari rumah adat ini sangat mengandung unsur nilai filosofisnya.

Berbicara mengenai struktur dari rumah adat Minangkabau ini. Secara umum merupakan rumah dengan model panggung. Hampir keseluruhan bahan yang dipakai dalam membuat rumah Gadang berbahan dari lingkungan alam. Walaupun demikian, rumah ini tetap mempunyai desain kuat, bahkan bisa tahan terhadap goncangan gempa sekalipun.

Ciri utamanya terletak pada tiang penyangga rumah Gadang ini. Di mana tiang bertumou pada tanah yang datar dan banyak bebatuan. Alhasil getaran kuat berupa gempa besar tidak bisa menggoyahkan kekuatan desain dari rumah adat Sumatera Barat ini.

Rumah ini memang salah satu ikon budaya masyarakat Sumatera Barat. Namun, dahulu ini hanya dijadikan sebagai sebuah tempat tinggal bagi keluarga Minang. Di mana desainnya dibuat sesuai dengan aturan adat yang diberlakukan. Beberapa aturan adat itu disesuaikan dengan fungsi atau kegunaan. Sebagaimana pembahasan berikut ini ;

Semua bagian dalamnya merupakan ruang lepas, terkecuali ruang tidurnya.

Kamar yang ada di dalamnya jumlahnya sesuai dengan jumlah perempuan yang mendiami rumah tersebut.

Pada halaman yang terdapat di depan rumah, ada 2 Rangkiang. Ini merupakan bangunan dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan bahan pangan seperti padi.

Di bagian kiri dan kanan rumah Gadang, terdapat anjung. Tempat untuk bersanding pengantin atau pemilihan kepala adat.

Dalam sebuah kompleks terdapat satu surau yang merupakan tempat untuk beribadah, belajar atau bahkan tempat tinggal bagi lelaki bujang.

Demikian tadi secara umum informasi mengenai Rumah Gadang. Banyak kandungan filosofis yang bisa ditemukan dari rumah ini. Perbedaan jelas bisa dilihat dari desain atap. Seluruh rumah Gadang selalu mempunyai atap serupa dengan tanduk kerbau. Hal tersebut mengandung arti kemenangan. Selain itu, dari hiasan ukiran yang terdapat di rumah ini. Sebuah ciri khas yang tidak bisa ditemukan di rumah adat lainnya.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement