Budaya

Rumah Adat Provinsi Lampung

Rumah adat lampung pewarta

Pewartansantara.com – Provinsi Lampung mempunyai rumah adat sangat unik dan dijadikan sebagai ikon provinsi ini. Nuwo Sesat merupakan rumah tradisional yang dikategorikan dalam rumah panggung. Di mana desain tersebut diambil sebagai langkah dalam menghindari hewan buas dan goncangan gempa.

Letaknyaprovinsi Lampung sangat rawan terhadap terjadinya gempa bumi.
Rumah Nuwo Sesat memiliki atap yang dibuat dengan menggunakan daun ilalang dan hampir seluruh bagiannya berasal dari kayu. Setiap sisi dari rumah ini terdapat bebedapa ornamen yang menjadi ciri khas.

Tidak semua rumah adat ini mempunyai tiang, ada rumah yang dibangun dengan lantai tanah. Namun, fungsi dasarnya masih sama dengan rumah adat lainnya.
Ciri yang sangat terlihat ialah dibagian atap yang dipenuhi dengan hiasan berupa payung besar (Rurung Agung).

Warnay dipakai ialah kuning, putih atau merah. Simbol keseimbangan masyarakat Lampung. Bentuk dari rumah Nuwo Sesat sangat beragam, tetapi ada ciri khas yang tidak bisa dilepaskan dari rumah adat ini.
Awal mula dari rumah adat Lampung ini, bukanlah hanya sebagai tempat tinggal.

Rumah Nuwo Sesat merupakan balai yang biasa dijadikan sebagai pertemuan. Di mana di rumah inilah tempat untuk mengadakan musyawarah atau pepung. Hal hal itulah yang kemudian membuat rumah ini disebut sebagai Sesat Balai Agung.

Agar lebih mengenal rumah adat Nuwo Sesat ini, maka berikut akan dibagikan mengenai bagian-bagian dari bangunan ini. Setidaknya ada lima bagian yang harus diketahui, diantaranya ialah sebagai berikut ;
Ijan Geladak adalah tangga yang mengantarkan masuk ke dalam rumah. Beserta dengan atap, biasa disebut dengan Rurung Agung.
Anjungan, ialah serambi tempat di mana diadakan rapat atau letemuan dalam lingkup kecil.

Pusiban, tempat diadakannya musyawarah adat secara resmi.
Tetabuhan, ruangan yang mana dipakai untuk menyimpan bebagai perlengkapan musik adat.

Gagah Merem, ruang istirahatnya para penyimbang masyarakat Lampung.
Beberapa ruangan tadi menjadi sebuah ciri khas dari rumah adat Nowo Sesat. Itulah ulasan mengenai rumah adat Provinsi Lampung, semoga bisa menambah wawasan pembaca.

Tentang Penulis

Avatar

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.