Budaya

Rumah Adat Bangka Belitung

Rumah Adat Panggung - Bangka
Rumah Adat Panggung - Bangka

Pewartanusantara.com – Adat Provinsi Bangka Belitung sangat berkaitan erat dengan budaya Melayu. Banyak budaya yang masih sangat kental dengan adat dari Melayu, ini juga terlihat dari rumah adat Bangka Belitung. Dimana Rumah Panggong atau Panggung, adalah ikon etnik dari masyarakat Bangka Belitung.

Bentuknya memang sama dengan Rumah Melayu lainnya, dengan struktur panggung dangdut dibuat dari berbagai bahan alam. Rumah memiliki 9 ruang dan 1 tiang ditengah memiliki ukuran yang besar. Adat masyarakat Bangka, sangat melarang memberikan cat pada bagian dinding.

Meski terlihat warna dinding lusuh akan tetapi, malah ini yang menjadi daya tarik. Bagian atapnya banyak yang menilai mirip rumah Tionghoa dengan desain yang terbaru.

Rumah panggong tidak hanya menjadi simbol budaya saja. Dari dahulu rumah ini merupakan hunian bagi keluarga masyarakat Bangka. Makanya di dalam rumah ini dibagi menjadi beberapa ruang. Mulai dari ruang utama (ruang depan), loss serta dapur.

Ruang depan dimulai dari teras kemudian masuk ke ruang utama. Di dalam ruang tersebut ada berbagai macam pernak pernik hiasan yang menjadi ciri khas masyarakat Bangka belitung. Bagian ruang utama hanya seperti hamparan yang luas. Kalau tamu datang akan digelar tikar untuk menjamunya.

Sedangkan loss merupakan ruang pemisah ruang utama dan belakang. Ada beberapa pintu ke kamar yang punya rumah. Di bagian akhir ada dapur. Tempat memasak dan menyimpan berbagai macam alat dan bahan pangan. Semuanya ditata dengan rapi agar mudah dalam menemukan.

Berdasarkan penjelasan tadi, maka bisa dikatakan bahwa rumah bangka belitung ini mempunyai karakteristik tersendiri. Hal itu bisa dilihat dari beberapa hal berikut ;
Sesuai dengan namanya rumah ini bentuknya panggung dengan desain atap menyerupai pelana kuda.

Dingin masih lusuh karena aturan yang mengikat. Dimana dinding rumah tidak boleh dicat.
Terdiri atas beberapa bagian ruang dengan fungsi yang berbeda-beda.
Terdapat tangga sebagai jalan untuk masuk rumah.

Demikian tadi merupakan ciri khas yang bisa anda temukan di rumah Panggong, rumah adat dari Provinsi Bangka Belitung.

Tentang Penulis

Avatar

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.