Pewarta Nusantara

Festival Danau Sentani Khalkhote, Sentani Timur

Festifal danau sentani
Festifal danau sentani

Festival Danau Sentani merupakan pesta yang melibatkan 16 suku yang ada di Papua. adat di danau sentani ini telah menjadi sebuah tradisi adat di Papua muali dari tahun 2007.

PEWARTA NUSANTARA – JIka di Dieng memiliki perayaan di dataran tinggi yang di sebut dengan Dieng Culture Festival, Indonesia timur Juga memiliki Festival Kebudayaan di Danau Sentani. Danau Sentani adalah danau terbesar sekaligus terindah di Papua. Di danau tersebut setiap tahunnya rutin diadakan acara adat besar yang disebut dengan Festival Danau Sentani (FDS).

Festival Danau Sentani merupakan pesta yang melibatkan 16 suku yang ada di Papua. adat di danau sentani ini telah menjadi sebuah tradisi adat di Papua mulai dari tahun 2007. Acara diadakan selama lima hari berturut-turut di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur.

Fesival di Danau Sentani
Fesival di Danau Sentani

Rangkaian kegiatannya antara lain, suguhan pertunjukan adat, panampilan seni dan kebudayaan dari berbagai suku asli Papua. mengunjungi Festival Danau ini juga bisa melihat dan membeli berbagai produk warga setempat yang diantaranya kerajinan kulit kayu, batik khas Papua, produk olahan seperti sokelat, sagu, kopi, buah merah, dan sebagainya. Festival Danau Sentani biasanya diselenggarakan tanggal 19-23 Juni.

Festival Danau Sentani (FDS) kembali digelar pada 19 hingga 23 Juni 2017. FDS 2017 juga akan diramaikan dengan industri kreatif Papua yang dapat menjadi buah tangan wisatawan. Dinas Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Papua akan menyuguhkan produk kerajinan dari warga setempat berupa kulit kayu, produk olahan cokelat, batik Papua, sagu, kopi dan buah merah.

Festival kebudayaan ini akan diisi dengan tarian-tarian perang khas Papua, Isolo. Masyarakat Papua hingga tetap menjaga dan melestarikan tarian tersebut. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap nenek moyang, dan harga diri sebuah suku.

Dalam rangkaian kegiatannya, diadakan pula upacara adat penobatan ondoafi. Masyarakat asli Sentani dalam satu kampung memiliki satu Ondoafi atau Ondofolo dan lima Kose (kepala suku).

Ondofolo dalam kebudayaan sentani memiliki makna pimpinan tertinggi dalam satu kampung. Ondofolo ini memimpin atau memiliki lima Kepala Suku yang ada dalam naungannya. Status Ondofolo lebih tinggi dibanding dengan Kepala Suku.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan pada Paguyuban / kumpulan warga suku dari Indonesia seperti dari Sumatera Utara, Maluku, NTT, Sulawesi, Jawa, hingga Bali. Selain tari kolosal yang dipentaskan, ada juga tarian yang merupakan persembahan Suku Kamoro dari Kabupaten Mimika, wilayah selatan Papua.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement