Transformasi Sukses: Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Papua Barat

Avatar
Google News
Transformasi Sukses: Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Papua Barat
Transformasi Sukses: Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Papua Barat - pewarta nusantara - (Foto: iNews.ID)

Pewarta Nusantara, Nasional – Wapres Ma’ruf Amin melaksanakan kunjungan penting ke Kampung Wasegi Indah, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat untuk mengawasi dan mengevaluasi Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat yang berhasil mengubah lahan seluas 2.044 hektar menjadi kebun kelapa sawit yang produktif.

Program ini merupakan Program Strategis Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit di seluruh Indonesia.

Dalam kunjungannya, Wapres mengungkapkan bahwa Program PSR memiliki misi penting untuk mengembalikan produktivitas kebun kelapa sawit yang telah mengalami penurunan produktivitas akibat usia yang tua.

Dalam keterangannya, Wapres menjelaskan, “Sawit di daerah ini seluas 9.000 hektar sudah mulai tidak produktif karena usia tua. Dengan adanya Program PSR sejak tahun 2021, diharapkan dapat mengubahnya menjadi produktif lagi dan menghasilkan hasil yang lebih besar.”

Selain itu, Wapres juga memberikan dukungan penuh terhadap percepatan pembangunan pabrik kelapa sawit di Papua, dengan harapan hasil panen dapat diolah secara mandiri. Wapres menegaskan, “Saya memerintahkan agar pembangunannya dipercepat dan tidak ditunda-tunda lagi.”

Dalam acara tersebut, Wapres juga menyaksikan momen penting seperti Pencanangan dan Penyerahan Rekomendasi Teknis (Rekomtek) Pabrik Kelapa Sawit Rakyat dari Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma Kementerian Pertanian, Ardi Praptono, kepada Ketua Koperasi Produsen Sawit Arfak Sejahtera, Dorteus Paiki.

Baca Juga; Gus Yusuf Apresiasi Pondok Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Adakan Halaqah Pendidikan Politik Santri

Wapres juga secara langsung terlibat dalam penanaman bibit kelapa sawit sebagai bentuk dukungan nyata terhadap Program Peremajaan Sawit Rakyat.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut, Wapres juga memberikan bantuan dari Program Sosial Bank Indonesia kepada kelompok tani di Kabupaten Manokwari.

Bantuan tersebut meliputi Bantuan Sarana dan Prasarana Kandang Komunal Sapi di Lahan Replanting Sawit kepada Kelompok Tani Sumber Rejeki Kabupaten Manokwari, Bantuan Replikasi Best Practices Metode Sungkup pada Lahan Pertanian Bawang Merah kepada Kelompok Tani Sinar Tani Manokwari, serta Bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung Ibadah kepada Masjid Al Muttaqin dan Masjid An Nur Manokwari.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, para kepala desa, dan petani kelapa sawit di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Kunjungan ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam memajukan sektor perkebunan kelapa sawit, serta memberikan dukungan dan bantuan langsung kepada masyarakat lokal. (*Ibs)