Pewarta Nusantara

Pentingkah Suku Melestarikan Garis Keturunannya?

silsilah
Ilustrasi/Feri

Pernahkah kita berfikir kenapa sampai saat ini suku-suku yang ada di Indonesia masih bertahan? Padahal sekarang telah memasuki zaman millennial dimana semua perbedaan ras dan suku hampi-hampir di tiadakan da sudah tidak di anggap penting lagi. Belum lagi di era digital ini banyak dari generasi-generasi muda yang masa bodoh dengan hal tersebut.

Akan tetapi tidak semua suku beranggapan seperti itu, seperti suku dayak yang masih bertahan hingga saat ini. Memunculkan pertanyaan epic Pentingkah suku melestarikan garis keturunannya?   Dalam budaya masyarakat Minangkabau,  amat ditekankan sekali. Hubungan kekerabatan antar sesama anggota keluarga sangat dijaga. Setiap keluarga akan mengenalkan anggota keluarganya dengan anggota keluarganya yang lain.

Sebenarnya begitu penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami silsilah kelurga dan hubungan kekerabatan kita. Dan juga untuk menjawab seberapa Pentingkah suku melestarikan garis keturunannya?di bawah ini ada beberapa uraian yang akan menjawab pertanyaan tersebut:

1.Menjaga hubungan baik sesama anggota keluarga.

Dengan mengetahui silsilah keluarga kita bahwa kita memiliki hubungan dengan keluarga yang lain. Dengan begitu tentu akan berusaha untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan terjaga baik.

2.Memberi dukungan di saat susah dan berbagi kebahagian di saat suka.

Dengan mengetahui bahwa kita memiliki saudara dan kerabat tentu kita dapat berbagi suka dan suka bersama mereka. Begitu pun sebaliknya, mereka juga bisa melakukan hal yang sama. Sehingga dengan demikian kesedihan dan kebahagiannya kita bisa lebih bermakna.

3.Menghindarkan kejadian akibat miss communication.

Contoh kasus diatas tadi merupakan kasus akibat kurangnya komunikasi antar sesama anggota kelurga. Sehingga masing-masing anggota keluarganya tidak memahami secara baik hubungan kekerabatannya dengan anggota keluarganya yang lain yang berada di tempat yang terpisah jauh.

4.Menyadari bahwa kita tak sendiri.

Dengan mengetahui hubungan kekerabatan dan tali persaudaraan antara masing-masing pihak tentu ia sadar bahwa selama ini ia hidup tidak hanya sendiri. bahwa ia ternyata memiliki banyak orang yang memiliki kaitan dan hubungan dengan keluarganya.

5.Menghindari terjadinya sikap individualistik.

Akibat gaya hidup urban yang terjadi saat ini membuat masyarakat bersikap lebih individualistik. Sikap seperti tidak hanya terjadi di masyarakat yang hidup di perkotaan namun juga yang hidup di kampung. Namun hal tersebut masih bisa dicegah dengan cara menjaga hubungan dengan sesama kerabat yang kita miliki.

6.Melestarikan garis keturunan.

Dengan memiliki pengetahuan terhadap hubungan kekerabatan maka hal tersebut mampu menaga dan melestarikan silsilah keturunan kita. Sehingga tak ada istilahnya telah terputusnya garis keturunan dari sebuah anggota suku atau adat. Dengan demikian tentu garis keturunan kita akan terpelihara dengan baik dan aman.

Dari poin-poin diatas maka kita dapat mengetahui bahwa sangat Penting suku melestarikan garis keturunannya. Agar suku tersebut dapat terus bertahan dan ada atau bisa dikatakan agar tidak punah,  untuk melestarikannya biasanya suku tertentu harus menikah dengan satu suku,atau garis keturunan bisa di dapatkan dari sisi silsiah sang ayah seperti pada silsilah para habaib dan keluarga kerajaan inggris.

Nonton Streaming TV Online.
Gunawan Prasetio

Gunawan Prasetio

Advertisement

Advertisement