IPDA Pekasiran Gelar Grebek Maulid Nabi Muhammad

  • Bagikan

Banjarnegara, Pewartanusantara.com – Ikatan Pemuda Desa (IPDA) Desa Pekasiran Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara melalui Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) menggelar Grebek Maulid Nabi Muhammad SAW.

Grebek Maulid tersebut merupakan rangkaian dari Festival Pekasiran Folk and Heritage yang dilaksanakan di Balai Desa Pekasiran pada Sabtu (27/11).

Ketua IPDA Pekasiran A.K Wardani dalam sambutannya mengatakan implementasi kegiatan pengajian, sholawatan, pameran kuliner, dan tanam pohon merupakan wujud cinta masyarakat terhadap alam yang selaras dengan ajaran Aswaja.

“Dalam kehidupan kita harus mengamalkan konsep hablun minallah, hablum minannas, dan hablum minal ‘alam. Tiga perkara ini bernilai ibadah dan merupakan misi kehidupan manusia sebagai khalifah di muka bumi,” tutur Wardani.

Sementara itu, Kepala Desa Pekasiran, Muhammad Ali, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IPDA Pekasiran tersebut, ia berharap kegiatan itu dapat memompa semangat warga dalam mengembangkan desa wisata di Pekasiran.

“Harapannya dengan adanya kegiatan Grebeg Maulud bisa memompa semangat warga Desa Pekasiran dalam mengembangkan Desa Wisata. Hal ini juga merupakan bentuk kecintaan kita terhadap alam sebagai upaya melestarikan kebudayaan nenek moyang,” tuturnya.

Plt. Bupati Banjarnegara Syamsuddin saat menghadiri acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatab ini perlu di lestarikan, khususnya kegiatan penanaman pohon yang dapat memberikan kontribusi kepada penghijauan di Indonesia.

“Penanaman pohon yang dilakukan ini merupakan hal wajib untuk dilestarikan, karena selain memberikan dampak yang kepada perbaikan lingkungan, hal itu juga membuat pemandangan di sekitar menjadi indah,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *