Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bersahabat namun Tetap Mengesankan

Google News
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bersahabat namun Tetap Mengesankan
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bersahabat namun Tetap Mengesankan
Daftar Isi

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bersahabat namun Tetap Mengesankan

Pewarta Nusantara – Berikut adalah beberapa Tips dalam membuat surat lamaran kerja yang santai tapi tetap profesional:

  1. Kenali perusahaan yang kamu lamar: Sebelum memulai menulis surat lamaran, penting untuk mengenali perusahaan tersebut. Pelajari visi, misi, serta nilai-nilai yang ditekankan oleh perusahaan. Hal ini akan membantu kamu menyesuaikan bahasa dan tone yang tepat dalam surat lamaranmu.
  2. Jangan terlalu formal: Jangan takut untuk menggunakan bahasa yang lebih santai dalam surat lamaran, namun tetap perhatikan profesionalitasnya. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau kata-kata slang yang terlalu spesifik.
  3. Tunjukkan kepribadianmu: Coba ungkapkan sedikit tentang kepribadianmu dalam surat lamaran. Misalnya, sebutkan hobimu atau minat yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Hal ini dapat membantu kamu terlihat sebagai individu yang unik dan menarik perhatian.
  4. Ceritakan pengalamanmu: Jangan hanya sebutkan pengalamanmu secara singkat, ceritakan dengan detail tentang pengalamanmu dalam bidang yang relevan. Cerita ini akan membantu kamu menunjukkan bagaimana pengalamanmu dapat membantu perusahaan.
  5. Berikan contoh konkret: Saat membahas kemampuanmu, berikan contoh konkret yang dapat menunjukkan keahlianmu dalam tindakan. Hal ini akan membantu perusahaan memahami kemampuanmu dengan lebih baik.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat surat lamaran kerja yang santai namun tetap memberikan kesan profesional kepada penerima surat.

Kenapa surat lamaran kerja bisa terlihat profesional

Surat lamaran kerja dapat terlihat profesional dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pertama, penggunaan bahasa yang formal dan sopan sangat penting dalam menciptakan kesan profesional.

Hindari penggunaan bahasa slang atau informal yang tidak pantas dalam konteks surat lamaran kerja.

Selain itu, struktur surat yang terorganisir dengan baik juga dapat meningkatkan kesan profesional. Surat lamaran kerja yang baik biasanya terdiri dari bagian pengantar, tubuh surat yang menjelaskan latar belakang dan kualifikasi pelamar, serta penutup yang mencakup ungkapan terima kasih dan harapan untuk kesempatan wawancara.

Pemilihan kata-kata yang tepat dan jelas juga merupakan faktor penting dalam menampilkan surat lamaran yang profesional.

Gunakan kata-kata yang spesifik dan relevan untuk menggambarkan pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, serta jelaskan bagaimana hal-hal tersebut dapat berkontribusi terhadap perusahaan yang dilamar.

Terakhir, pastikan untuk melakukan pengecekan tata bahasa dan ejaan secara seksama.

Kesalahan tata bahasa dan ejaan dapat memberikan kesan kurang profesional dan kurangnya perhatian terhadap detail.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, surat lamaran kerja dapat terlihat profesional dan meningkatkan kesempatan pelamar untuk diperhatikan oleh pihak perusahaan.

Contoh singkat surat lamaran kerja yang santai

Berikut adalah contoh singkat surat lamaran kerja yang santai namun tetap profesional:

Halo [nama HRD],

Saya tertarik dengan posisi [nama posisi] yang tersedia di perusahaan Anda. Saya memiliki pengalaman yang relevan dengan pekerjaan ini, dan saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim Anda.

Saya menyukai lingkungan kerja yang dinamis dan kreatif, dan saya yakin perusahaan Anda akan menjadi tempat yang cocok bagi saya untuk berkembang. Saya telah bekerja di [nama perusahaan] selama [jumlah tahun], di mana saya memperoleh pengalaman dalam bidang [nama bidang]. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam [nama bidang lain].

Saya memiliki keahlian dalam [nama keahlian], dan saya dapat memberikan contoh konkret tentang penggunaan keahlian tersebut untuk mengatasi masalah dan mencapai tujuan. Saya yakin bahwa dengan kemampuan saya dan kepribadian yang bersemangat, saya dapat menjadi aset berharga bagi tim Anda.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran saya. Saya sangat berharap dapat bertemu dengan Anda dalam wawancara selanjutnya.

Salam,

(Nama)