Tragedi Pahit: Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Arab Saudi Mencapai 133 Orang

Avatar
Google News
Tragedi Pahit: Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Arab Saudi Mencapai 133 Orang
Tragedi Pahit: Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal di Arab Saudi Mencapai 133 Orang - pewarta nusantara - (Foto: Istimewa)

Pewarta Nusantara, JakartaJemaah Haji Indonesia Bersiap Menuju Arafah untuk Rangkaian Ibadah Haji yang Utama.

Pada kabar yang disampaikan oleh Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhmad Fauzin, disebutkan bahwa jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi telah mencapai angka yang memilukan, yaitu 133 orang.

Angka ini menunjukkan adanya beberapa jemaah yang menghadapi tantangan kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, sebanyak 362 jemaah lainnya juga mengalami masalah kesehatan dan harus dirujuk untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Dalam hal ini, Fauzin memberikan rincian mengenai jemaah yang menjalani perawatan rawat jalan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, rawat inap di KKHI Makkah, dan rawat inap di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Sementara itu, dalam persiapannya menuju Arafah, jemaah haji Indonesia berfokus pada pelaksanaan wukuf yang merupakan salah satu tahapan utama dalam ibadah haji.

Fauzin menjelaskan bahwa berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang telah ditetapkan, jemaah akan melaksanakan wukuf di Arafah pada tanggal 27 Juni 2023.

Dalam rangka persiapan ini, fasilitas di Arafah, Muzdalifah, dan Mina telah diperiksa langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, untuk memastikan kesiapannya dalam melayani jemaah haji Indonesia.

Fauzin juga menambahkan bahwa jemaah haji secara bertahap akan diberangkatkan dari hotel ke Arafah pada tanggal 26 Juni 2023, dengan proses perjalanan yang dilakukan mulai dari pagi hingga malam.

Selain itu, dalam laporan terakhir yang disampaikan oleh Fauzin, diberitakan bahwa jumlah kedatangan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi pada gelombang kedua mencapai 107.348 orang, dengan total jumlah jemaah haji Indonesia yang telah tiba mencapai 209.782 orang.

Baca juga: Kondisi Aman Terjamin! Warga Negara Indonesia di Rusia Tetap Tenang di Tengah Pemberontakan Wagner

Fauzin mengungkapkan kegembiraannya bahwa fase keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi telah selesai dengan sukses, dimulai dari tanggal 24 Mei hingga 24 Juni 2023.

Hal ini menunjukkan pencapaian yang signifikan dalam proses penyelenggaraan ibadah haji bagi jemaah Indonesia. (*Ibs)