Film, News  

Spider-Man: Across the Spider-Verse Sedang Membuat Jaringan Kuat di Box Office

Avatar
Google News
Across the Spider-Verse Sedang Membuat Jaringan Kuat di Box Office
Across the Spider-Verse Sedang Membuat Jaringan Kuat di Box Office - Pewarta Nusantara - (Foto: Istimewa)

Pewarta Nusantara – Across the Spider-Verse Sedang Membuat Jaringan Kuat di Box Office. Sekuel ini dibuka dengan pendapatan sebesar $120,5 juta, jauh melebihi ekspektasi dan menjadi pembukaan terbesar ketiga sepanjang masa untuk film animasi, serta pembukaan terbaik sepanjang masa untuk Sony Animation, tanpa penyesuaian inflasi.

Ini juga merupakan pembukaan terbesar kedua pada tahun 2023 hingga saat ini. Film ini dengan mudah menduduki posisi nomor satu, dengan mendapatkan ulasan yang luar biasa baik dari kritikus maupun penonton.

Across the Spider-Verse menarik penonton yang lebih tua dibandingkan film animasi anak-anak tradisional, dengan 67 persen pembeli tiket berusia antara 18 hingga 34 tahun.

Dan seperti hampir semua film superhero, mayoritas penonton adalah laki-laki (62 persen), menurut PostTrak.

EntTelligence melaporkan bahwa film ini mendapatkan jumlah penonton terbanyak dibandingkan film-film yang dirilis pada tahun 2023, hanya kalah dari The Super Movie Bros. Movie milik Universal.

Prestasi film ini tidak berhenti di situ. Pendapatan pembukaan Across the Spider-Verse tiga kali lebih besar daripada Into the Spider-Verse yang diproduksi oleh Phil Lord dan Christopher Miller, yang dibuka dengan pendapatan $35,6 juta di Amerika Serikat pada tahun 2018 dan menjadi sensasi box office dengan pendapatan total $384,2 juta di seluruh dunia.

Across the Spider-Verse sekali lagi mengisahkan petualangan Miles Morales/Spider-Man dari Marvel, yang diisi suara oleh Shameik Moore, dan Gwen Stacy/Spider-Woman, yang diisi suara oleh Hailee Steinfeld, dalam multiverse Spider-People. Para pengisi suara baru termasuk Issa Rae (Jessica Drew). Film ini berhasil menarik penonton yang beragam secara etnis, menurut layanan survei keluar PostTrak.

Lord dan Miller kembali sebagai produser dan penulis, dengan David Callaham juga turut menulis skenario.

Film ini akan diikuti oleh sekuel lainnya, Spider-Man: Beyond the Spider-Verse, pada tahun 2024.

The Little Mermaid milik Disney menempati posisi kedua pada akhir pekan kedua dengan pendapatan sekitar $40,6 juta dari 4.320 bioskop, dengan total pendapatan domestik mencapai $186,2 juta. Pendapatan film live-action ini mengalami penurunan sebesar 58 persen.

Di luar negeri, remake live-action ini mendapatkan pendapatan tambahan sebesar $40,6 juta, dengan total pendapatan luar negeri mencapai $140,5 juta dan total pendapatan global mencapai $326,7 juta.

Kekuasaan Disney juga terlihat pada posisi ketiga dalam daftar box office dengan film horor baru, The Boogeyman. Film ini, yang diproduksi oleh 20th Century dan berdasarkan cerita karya Stephen King, menghasilkan pendapatan domestik yang solid sebesar $12,3 juta.

Di luar negeri, film ini mendapatkan pendapatan awal sebesar $7,7 juta, dengan pendapatan global mencapai $20 juta.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang masih bertahan dari Marvel dan Disney berhasil melampaui Fast X pada akhir pekan kelima dengan pendapatan sekitar $10,2 juta, dengan total pendapatan di Amerika Utara mencapai $322,8 juta dan pendapatan global mencapai $780,1 juta. (Secara keseluruhan, Disney berhasil menduduki tiga dari empat posisi teratas dalam chart domestik.)

Fast X milik Universal, yang menempati posisi kelima, juga tidak bisa dianggap remeh. Film ini berhasil melewati angka $600 juta pendapatan di seluruh dunia, didorong oleh pendapatan penjualan tiket luar negeri yang mencapai $474,8 juta.