Singapura Meluncurkan Paspor Supernya! Geser Jepang dalam Peringkat Paspor Paling Kuat di Dunia

Google News
Singapura Meluncurkan Paspor Supernya! Geser Jepang dalam Peringkat Paspor Paling Kuat di Dunia
Singapura Meluncurkan Paspor Supernya! Geser Jepang dalam Peringkat Paspor Paling Kuat di Dunia - pewarta nusantara - (Foto: Inventiva)

Pewarta Nusantara, Internasional – Singapura telah menggeser Jepang dari peringkat pertama dalam daftar paspor paling kuat di dunia, menurut laporan terbaru dari Henley Passport Index pada Rabu (19/7).

Warga Singapura kini dapat menikmati akses tanpa visa ke 192 tujuan, melebihi negara-negara lainnya di dunia.

Peringkat teratas ini adalah sebuah prestasi bagi Singapura, yang sebelumnya menduduki posisi teratas pada tahun 2021, sebelum posisinya direbut oleh Jepang pada tahun berikutnya.

Saat ini, Jepang berada di posisi ketiga bersama dengan beberapa negara lain, termasuk Prancis, Austria, Finlandia, Swedia, Luksemburg, dan Korea Selatan, semuanya dengan akses ke 189 tujuan tanpa visa.

Tiga negara yang berada di peringkat kedua dengan paspor paling kuat adalah Jerman, Italia, dan Spanyol, dengan akses ke 190 tujuan tanpa visa.

Sementara itu, Amerika Serikat, yang pernah menempati peringkat teratas pada tahun 2014, kini berada di posisi kedelapan dengan penurunan yang signifikan dalam akses tanpa visa selama dekade terakhir.

Greg Lindsay, seorang Urban Tech Fellow di Cornell Tech, menyatakan bahwa penurunan peringkat AS mungkin disebabkan oleh kurangnya reciprocitas visa negara tersebut.

Dalam analisisnya yang menyertai indeks tersebut, Lindsay mengungkapkan bahwa AS hanya memiliki peningkatan skor Henley Passport Index yang sangat kecil dalam periode antara 2013 hingga 2023, dengan tambahan akses ke hanya 12 negara saja.

Baca Juga; Rusia Menyatakan Penangguhan Kesepakatan Biji-bijian dan Menyoroti Kerja Sama dengan Mitra Afrika

Di sisi lain, Singapura berhasil meningkatkan aksesnya ke 25 negara tambahan dalam periode yang sama, yang mendorongnya untuk naik lima peringkat menjadi peringkat pertama.

Data lengkap 10 besar paspor paling kuat di dunia, menurut Henley Passport Index adalah sebagai berikut:

  1. Singapura – 192 tujuan tanpa visa
  2. Jerman, Italia, Spanyol – 190 tujuan tanpa visa
  3. Austria, Finlandia, Prancis, Jepang, Luksemburg, Swedia, Korea Selatan – 189 tujuan tanpa visa

Indonesia menduduki peringkat 69 dengan akses tanpa visa ke 73 negara, sedangkan Afganistan berada di peringkat terbawah sebagai negara dengan paspor paling lemah, dengan akses tanpa visa hanya ke 27 tujuan.

Peringkat ini disusun oleh Henley & Partners, sebuah konsultan imigrasi berbasis di London, menggunakan data dari International Air Transport Association (IATA), yang menilai negara-negara berdasarkan jumlah tujuan yang warganya bisa kunjungi tanpa visa. (*Ibs)