Sosok
109 Views

Sigmund Freud dan Sisi Lain dalam Kehidupannya

Sigmund Freud
Foto: Verywell Mind

Pewartanusantara.com – Sigmund Freud lahir di Kota Freiberg yang termasuk wilayah Austria pada tanggal 6 Mei 1856. Berikut merupakan biografi Sigmund Freud yang sangat terkenal karena beliau seorang tokoh yahudi dan terkenal dalam bidang psikologi. Sigmun Freud lahir dari bapak yang kehidupannya sederhana yang hanya pedagang kain. Ibu dari Sigmund Freud merupakan istri kedua dari sang bapak.

Pengalaman Hidup dan Pendidikan Sigmund Freud

Di masa kecilnya, Sigmund Freud menghabiskan kehidupannya di Wina bersama dengan kedua orang tuanya. Sigmund Freud merupakan anak yang cerdas. Kecerdasan tersebut dibuktikan dengan perjalanannya yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Wina pada tahun 1881.

Meskipun seorang psikolog terkenal Sigmund Freud tak lain mengambil fakultas kedokteran di Universitas tersebut. Beberapa pengalaman yang pernah dilakukan semasa hidupnya oleh Sigmund Freud, di antaranya yaitu:

  • Belajar Hipnotis

Meskipun Sigmund Freud memiliki gelar dokter, beliau sempat belajar hipnotis di Negara Prancis untuk menangani suatu penyakit. Ketika sudah menemukan pengendalian yang lain, Freud sudah tidak menggunakan hipnotis tersebut.

  • Belajar Bidang Psikolog

Sesuai dengan biografi Sigmund Freud yang merupakan bapak psikologi, dalam sejarah kehidupannya Freud belajar psikolog selama 10 tahun. Freud menemukan teknik untuk menyembuhkan psikis seseorang yang disebut sebagai asosiasi bebas. Freud mengungkapkan bahwa penyembuhan tersebut berasal dari alam bawah sadar untuk mengungkapkan suatu permasalah yang ada dalam diri seseorang.

  • Praktik Neurologi

Freud merupakan tokoh psikologi yang memiliki keingintahuan yang sangat tinggi. Selain mendalami bidang psikolog, Freud  juga membuka bisnis untuk mendalami ilmu psikologi. Freud pada akhirnya membuka praktik neurologi untuk anak-anak di Berlin. Ia juga membuka praktik yang lain seperti  neuropsikiatri yang dibantu oleh seorang temannya bernama Joseph Breuer.

Karya Yang Pernah diterbitkan

Tokoh yang satu ini sangat aktif untuk menciptakan karya-karyanya. Berdasarkan Biografi Sigmund Freud, selain terkenal cerdas di kedokteran dan psikolog, ia mampu menerbitkan berbagai macam tulisan. Freud pernah menerbitkan sejumlah buku dengan jumlah lebih dari 320 buku. Buku pertama yang Freud terbitkan yaitu  buku yang bertema histeria untuk menangani psikis seseorang

Buku kedua yang pernah Freud terbitkan yaitu pada tahun 1900 dengan tema tafsir mimpi. Buku tersebut memberikan kesan tersenidir bagi Freud karena terbitnya buku tersebut menyebabkan nama Freud terkenal. Buku tersebut merupakan salah satu karyanya yang palin orisinil dan sangat penting. Tidak hanya buku yang mampu Freud terbitkan, karena ada juga artikel dan esai yang cukup terkenal.

Sekilas Tentang Sisi Lain  Kehidupan Sigmund Freud

Selain memiliki karya tertulis, Freud juga pernah berkarya menjadi seorang penceramah. Freud pernah memberikan ceramah di Amerika Serikat. Semenjak itu nama Freud semakin melambung tinggi dikenal oleh banyak orang dan disegani.

Tahun 1902, Freud pernah Open House bagi masyarakat dengan membuka diskusi mingguan di rumah Wina. Pertemuan tersebut dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Vienna Psychoanalytic Society.  Freud selain dikenal oleh banyak masyarakat, akan tetapi karya Freud juga pernah di cap meresahkan oleh masyarakat pada tahun 1921.

Sigmund Freud pernah menikahi seorang wanita yaitu bernama Martha Bernays. Dari hasil pernikahan mereka dikarunia enam orang anak. Tahun 1923 Freud mengidap suatu penyakit yaitu kanker tulang. Tumbuhnya penyakit pada diri Freud tersebut tidak menjadi penghalang untuk terus berkarya baginya.

“In so doing, the idea forces itself upon him that religion is comparable to a childhood neurosis, and he is optimistic enough to suppose that mankind will surmount this neurotic phase, just as so many children grow out of their similar neurosis.”

Tahun 1928, di usianya yang menginjak 82 tahun Freud di paksa pergi ke London untuk menghindari suatu razia. Dengan kondisi yang seperti itu, ia tetap semangat untuk berkarya hingga tahun berikutnya. Freud mengakhiri hidupnya dengan usia 83 tahun di London pada tahun 1939.

Baca juga: Biografi Vladimir Ilych Lenin, Sang Bapak Revolusi

Tentang Penulis

Avatar

pewarta