Pewarta Nusantara

Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Bolon
foto/sportourism.id

PEWARTANUSANTARA.COM – Rumah Bolon dikenal sebagai ikon rumah adat dari provinsi Sumatra Utara. Rumah Bolon sendiri mempunyai banyak desain. Suku Batak yang merupakan mayoritas penduduk asli Sumatera Utara memiliki banyak sub suku dengan bebagai karakteristik budaya yang berbeda-beda. Hal yang menjadikan Rumah Bolon mempunyai beragam desain.

Kendati mempunyai bebagai desain, terdapat karakteristik umum yang itu memberikan perbedaan dengan rumah adat di provinsi lainnya. Rumah Bolon adalah rumah panggung, yang seluruh bahan pembuatnya berasal dari alam. Dengan tiang setinggi 1.75 meter, atap daun rumbia, lantai dari papan dan dinding berasal berasal dari anyaman bambu. Semuanya hanya diikat, sama sekali tidak mengunakan perekat seperti paku.

Awalnya rumah Bolon adalah kediaman raja Batak. Kemudian dipakai untuk rumah masyarakat Batak. Rumah adat ini terbagi menjadi beberapa ruangan. Mulai dari ruangan untuk kepala keluarga (jabu bong), ruang anak perempuan (jabu soding), ruang untuk anak laki-tertua (jabu suhat), ruang tamu (tampar piring), ruang keluarga (Januari ronga rona) dan ruang menyimpan bahan pangan (kalong rumah). Tak ada batasan dinding secara khusus, hanya ruang luas yang disekat oleh aturan adat.

Rumah Bolon dijadikan sebagai rumah adat dari Sumatera Utara tidak lain karena keunikannya. Dari situlah kemudian menjadi sebuah ciri khas yang bisa membedakannya dengan rumah adat lainnya. Ciri khas Rumah Bolon diantaranya ;

Bagian atap rumah adat ini bentuknya menyerupai pelana kuda yang sempit dan begitu tinggi.
Bagian dinding rumah ini pendek, tidak dilengkapi plafon, dan diberikan anyaman untuk mempercantik tampilan rumah.

Bagian pintu depan terdapat gorga (lukisan hewan) yang letaknya tepat di atas pintu. Cicak dan kerbau menjadi gambar yang dipilih. Cicak dianggap sebagai simbul rasa persaudaraan masyarakat Batak. Sedangkan kerbau sebagai bentuk dari ucapan terima kasih.

Demikian tadi sebagai singkat pemaparan mengenai Rumah Bolon, rumah adat provinsi Sumatera Utara. Mengenal budaya masyarakat Batak bisa dimulai dari melihat rumah adatnya. Rumah Bolon menggambarkan sejarah, karakteristik dan nilai filosofis dari suku Batak di Sumatera Utara.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement