Pewarta Nusantara

Rumah Adat Sulawesi Barat

Rumah Adat Boyang
foto/kompadansamandar.blogspot.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Rumah Boyang merupakan rumah adat yang berasal dari Sulawesi Barat. Seperti rumah adat lainnya, rumah ini mempunyai strukrur rumah panging. Ini menjadi tempat tinggal suku Mandar yang merupakan etnis asli dari Sulawesi Barat. Rumah Boyang selalu dilengkapi dengan dua tangga. Di bagian depan dan belakang dengan jumlah anak tangga ganjil.

Dindingnya menggunakan papan dengan dipasang papan ukiran yang motifnya menjadi ciri dari masyarakat Mandar. Sedangkan pada bagian atap, bentuknya prisma dan memanjang. Dibuat dengan menggunakan daun rumbia dan ditambahkan berbagai ornament.

Rumah Boyang sendiri difungsikan sebagai tempat tinggal suku Mandar. Di mana jumlah ruangan atau lotang begitu banyak. Setidaknya ada 7 ruangan yang terdapat di dalam rumah adat ini. Secara umum terbagi menjadi dua bagian, lotang utama 3 ruangan dan lotang tambahan 4 ruangan. Untuk penjelasan lebih detailnya anda bisa menyimak pembahasan berikut.

  • Samboyang. Berada di bagian yang paling depan. Ukurannya begitu luas karena dipakai untuk menerima tamu dan berbagai acara adat.
  • Tangnga Boyang. Letaknya di tengah-tengah rumah dengan ukuran yang lebih luas dari Samboyang. Tempat yang dipakai untuk berkumpul dan beraktivitas seluruh anggota keluarga.
  • Bui’ Boyang. Ini merupakan tempat tidur khusus bagi penghuni rumah. Terdiri atas kamar untuk anak bujang, gadis, kakek, nenek dan anggota keluarga lainnya. Dengan ukurang yang berbeda-beda.
  • Tapang. Ruangan yang terletak di loteng, tempat penyimpanan barbagai barang. Kalau dahulu ruangan ini dipakai sebagai kamar untuk calon pengantin.
  • Paceko. Dalam bahasa Indonesia paceko ialah dapur. Jadi ruangan ini merupakan tempat memasak dan menyimpan berbagai makanan. Di dalamnya juga terdapat kamar mandi.
  • Lego-lego. Berada di depan rumah memiliki atap tetapi tidak mempunyai dinding. Difungsikan sebagai teras rumah tempat untuk bersantai di pagi dan sore hari.
  • Naong Boyang. Biasa dikenal dengan sebutan kolong rumah. Jadi ruangan ini memiliki alas tanah. Tempat di mana hewan ternak berada dan bisa pula difungsikan untuk aktivitas wanita dalam mengisi waktu yang luang, semisal menenun.

Dari penjelasan struktur bagunan dari rumah Boyang tersebut. Maka begitu terlihat ciri khas yang dimiliki oleh rumah adat Sulawesi Barat ini. Mulai dari strukturnya rumah panggung dengan atap yang memanjang. Sampai dengan hiasan ornament yang begitu banyak pada setiap bagian rumah. Tidak lupa pula bahwa Rumah Boyang ini dibangun mengarah ke timur, arah terbit matahari. Hal yang merupakan symbol dari keselarasan dalam hidup.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement