Budaya

Rumah Adat Provinsi Papua

Rumah Adat PapuaRumah Adat Papua
Views

Rumah adat dari Papua disebut dengan Rumah Honai. Rumah ini dibangun dengan bentuk kerucut dan seluruhnya terbuat dari bahan asli tanah Papua. Terdapat beragam suku asli di tanah Papua ini. Mulai dari suku Damal, Dani, Arfak, Asmat, dan masih banyak lainnya. Hampir semuanya memiliki rumah adat yang berbeda jenisnya. Akan tetapi, yang dijadikan sebagai ikon budaya Papua ialah rumah Honai. Seluruh desain dari rumah adat di Papua ini tidak berbeda antara satu suku dengan suku lain.

Rumah Honai ini bukan rumah panggung, karena atapnya langsung dari tanah. Namun, juga terdapat lantai papan. Rumah ini memang terdiri dari dua tipe lantai. Lantai tanah biasa dipakai untuk berkumpul, musyarawah dan aktivitas lainnya. Sedangkan yang berlantai papan dijadikan sebagai tempat tidur saja. Keduanya dihubungkan dengan tangga kayu yang ditengahnya ada tempat untuk api unggun.

Rumah Honai sendiri terbagi atas 3 tipe, yakni ;

  • Untuk lelaki (honai), tempat yang dijadikan kaum hawa untuk berdiskuusi, debat ataupun berdialog mengenai kehidupan dan merumuskan kegiatan adat.
  • Untuk wanita (ebei), tempat tinggal untuk para wanita yang sudah mau beranjak dewasa. Belajar dan saling mengajarkan. Bisanya bagi wanita ebei merupakan tempat tinggal sementara.
  • Kandang babi (wamai)., tempat hewan ternak berupa bagi yang menjadi peliharaan suku asli Papua.

Berdasarkan ulasan tadi, bisa dikatakan bahwa rumah Honai ini mempunyai banyak fungsi. Tidak hanya sebagai tempat tinggal saja, tetapi dipakai sebagai tempat penyimpanan, belajar, meramu strategi dan aktivitas adat lainnya. Rumah adat dari suku Dani ini memang mengandung banyak nilai filosofis di dalamnya. Sebagai penduduk Indonesia seharunya memahai akan hal ini. Rumah Honai adalah sebuah alat pemersatu dan lambang dari persatuan di tanah Papua. Begitu juga sebagai warga Indonesia yang harus selalu bersatu untuk menjunjung tinggi martabat dan harga dini bangsa.

Baca Juga : Rumah Adat Papua Barat

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida
Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.