Pewarta Nusantara

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur

Rumah Musalaki
foto/raparapa.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi yang terbagi beberapa pulau. Hal inilah yang membuat provinsi NTT mempunyai banyak suku dengan bebagai perbedaan. Mulai dari suku Antoni, Lamaholot, Belu, Sumba dan masih banyak lainnya. Setiap suku punyai ikon berupa rumah adat dengan bentuk dan ciri yang unik.

Bicara rendang rumah adat NTT, maka tidak bisa dilepaskan dari Rumah Musalaki. Ini merupakan jenis rumah adat dari suku Lio yang dikenal oleh masyarakat luas. Sebuah icon budaya rumah adat yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rumah Adat Musalaki mempunyai desain unik yang mengandung nilai-nilai di dalamnya. Bangunan rumah adat NTT ini mempunyai struktur kokoh. Di mana bahan untuk membuat rumah merupakan bahan alam. Material yang dipakai seperti kayu, batu bahkan daun. Rumah ini biasa dipakai untuk tinggal kepala suku. Selain itu dipakai pula untuk bermusyawarah, ritual adat dan berbagai kegiatan adat lainnya.

Sebagai penunjang fungsinya, Rumah Adat Musalaki dibagi 3 bagian. Diantaranya, Kuwu Lewa, Maga dan Atap.

Kuwu Lewa (Pondasi)

Ini merupakan bagian dasar dari rumah adat Musalaki. Di mana dibuat dari batu lonceng yang diletakan secara berdiri. Biakan merupakan pondasi utama, akan tetapi fungsinya begitu penting. Kuwu Lewa merupakan baru yang dipasang untuk mencegah dari kemungkinan roboh akibat gempa. Satu lagi ada pondasi yang terbuat dari kayu. Dipakai sebagai tumpuan lantai dan menyokong atap.

Maga (Lantai)

Bentuk lantai rumah adat musalaki berlantai gantung, sama dengan struktur dari rumah panggung lainnya. Susunan dari papan lantai dibuat jarang untuk menjaga rumah dari kelembaban. Keunikan terletak pada bagian lantai terdiri atas 2 jenis. Lantai Teo (lantai teras) berada pada bagian luar. Sedangkan yang kedua, lantai ndawa (ruang dalam). Biasanya lantai teras lebih tinggi daripada lantai dalam.

Atap

Atap dari rumah ini terbuat dari jerami. Bertumpu pada rangka yakni saka ibu, leka raja dan kayu palang. Bagian rangka atap rumah adat musalaki terbilang unik. Mempunyai bentuk yang menjulang begitu tinggi ke atas.

Demikian ulasan singkat mengenai Rumah Musalaki, rumah adat yang menjadi ciri khas dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan berbagai keunikannya yang berbeda dengan bentuk rumah lainnya.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement