Pewarta Nusantara

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

Rumah Dalam Loka
foto/sumbawapintar.blogspot.co.id

PEWARTANUSANTARA.COM – Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai rumah Dalam Loka sebagai rumah asli provinsi tersebut. Dahulu rumah itu merupakan kediaman bagi raja Sumbawa. Penamaan dari rumah adat ini diambil berdasarkan pada fungsi dari rumah ini. Di mana Dalam berarti istana dan loka artinya dunia. Dahulu  ini digunakan sebagau tempat tinggal.Bagu raja Sumbawa. Di mana terdapat unsur Islam pada rumah ini. Letaknya pada bagian tiang yang ada tulisan 99 Asmaul Husna. Ajaran Islam memang sangat lekat di provinsi ini.

Tiang yang menyangga Dalam Loka ini terbilang begitu unik. Di mana dari tiang yang menyangga rumah tadi terdapat 2 tiang utama dengan ukuran yang lebih besar. Dua tiang tadi diberi nama Bala Rea/ Graha Besar. Nah, untuk pembagian ruang hanya dipisahkan oleh dinding dengan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya ialah sebagai berikut.

Kuntul Agung. Berada pada bagian depan yang digunakan untuk tempat bermusyawarah dan bebagai acara lainnya.

Lunyuk Mas. Ruangan ini merupakan ruangan yang diperuntukkan oleh permaisuri, istri, staf penting saat upacara adat.

Ruang Dalam. Berada di sisi barat, dengan disekat menggunakan kelambu. Biasanya dipakai sebagai tempat beribadah (shalat). Ada juga yang terletak di bagian timur yang terdiri atas 4 kamar untuk tidur anak raja. Sedangkan di bagian udara sebagai tempat tidur permaisuri dan dayang-dayang.

Ruang Sidang. Di bagian belakang dari rumah adat terdapat ruang sidang. Sesuai dengan namanya ruang ini dijadikan sebagai tempat sidang. Selain itu juga digunakan sebagai tempat tidur dayang.

Kamar Mandi. Letaknya di luar bangunan yang bentuknya memanjang.

Bala Bulo. Tepat berada di sebelah Lunyuk Mas dan dibangun 2 lantai. Di lantai 1 digunakan untuk anak-anak bermain. Sedangkan di lantai 2 adalah tempat untuk melihat pertunjukan bagi istri bangsawan, yang ada di lapangan istana.

Tidak hanya pada pembagian ruang saja letak keunikan dari rumah adat Nusa Tenggara Barat ini. Hiasan yang ada di dalamnya menjadi sebuah ciri khas yang hanya bisa ditemukan di Rumah adat Dalam Loka ini. Hiasan seperti, kebun istana (kanan alas), bala jam (rumah jam), bala bumi (gapura) dan lonceng istana. Semuanya itu menjadi pelengkap dari keunikan dan ciri khas rumah adat Nusa Tenggara Barat ini.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement