Pewarta Nusantara

Rumah Adat Nangroe Aceh Darussalam

Rumah Adat Aceh
foto/steemit.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Krong Bade adalah sebutan rumah adat yang berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Struktur yang dimiliki rumah ini berbentuk rumah panggung, dengan riang setinggi 2.5 sampai 3 meter di atas permukaan tanah. Rumah adat ini seluruhnya berbahan dasar kayu, dengan atap yang terbuat dari anyaman daun enau atau rumbia.

Di rumah Krong Bade terdiri atas tiga bagian, yakni ruang depan, tengah dan belakang. Setiap bagian dari rumah ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Bagian depan (seuramoe keue) difungsikan sebagai tempat santai dan istirahat keluarga. Bagian tengah (seuramoe teungoh), merupakan ruang inti dan menjadi privasi bagi pemilik rumah. Tamu tidak akan diperbolehkan masuk ke dalam ruang ini. Sedangkan, bagian belakang (seuramoe likot) adalah tempat makan, dapur bisa pula sebagai ruang keluarga.

Terdapat ciri yang membedakan rumah Aceh ini dengan rumah adat di tempat lain. Ciri khas tersebut diantaranya ialah;

Gentong air di bagian depan yang dipakai untuk membersihkan kaki saat masuk. Jadi, ketika berkunjung ke Rumah Krong Bade harus mencuci kaki terlebih dahulu. Setiap tangga yang ada di rumah tersebut jumlahnya selalu ganjil. Sebuah simbol tentang sifat masyarakat Aceh yang begitu religius.

Ini merupakan rumah panggung dengan sungai sebagai perlindungan dari bebagai ancaman, seperti bintang buas.
Seluruh bahan dibuat dari bahan alam. Simbol kedekatan masyarakat dengan lingkungan alam sekitar.
Di rumah Krong Bade terdapat ukiran atau lukisan. Sebuah tanda bahwa masyarakat Aceh mencintai keindahan.
Bentuk rumah persegi panjang dan membujur dari barat ke timur. Nilai religius yang coba ditampilkan oleh masyarakat Aceh.

Tidak sembarang membangun rumah Krong Bade ini. Bagi masyarakat sekitar rumah menjadi salah satu hal penting. Ada tata cara adat dan aturan yang harus dipenuhi ketika ingin membangun rumah Krong Bade. Penentuan hari yang baik dan upacara secara adat harus dilakukan sebelum membangun rumah adat ini.

Demikianlah informasi mengenai rumah adat dari Nangroe Aceh Darussalam. Mulai dari struktur rumah sampai dengan ciri dan makna yang terkandung dalam bangunan rumah Krong Bade.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement