Pewarta Nusantara

Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah Lamin
foto/ceritaindonesia.web.id

PEWARTANUSANTARA.COM – Rumah Lamin yang dikenal sebagai rumah adat dari Kalimantan Timur ini sebenarnya adalah tempat tinggal bagi suku Dayak. Dengan ukuran yang sangat luar dan mempunyai struktur panggung. Bahan material yang dipakai adalah dari kayu asli Kalimantan yakni kayu Ulin (kayu besi).

Rumah panggung asli Kaltim ini terdapat banyak tiang yang bentuknya tabung. Di mana sebagai menjadi dua bagian, tangga untuk penyangga atap dan lantai. Pada bagian depan rumah ada tangga yang jumlahnya ganjil. Masyarakat Dayak sangat percaya bahwa ganjil merupakan lambang dari keselamatan. Di sekeliling rumah juga terdapat pagar kayu yang biasanya terdapat ukiran di pagar tersebut. Ukiran yang menjadi ciri khas suku Dayak dengan warna kuning, hitam atau putih.

Rumah adat Kalimantan Timur ini terbagi menjadi beberapa ruangan. Di mana ruangan tersebut secara umum mempunyai 3 fungsi utama. Pertama, ruang tidur yang jumlahnya sesuai jumlah penghuni. Berbeda antara ruang tidur laki-laki dan perempuan. Kedua, ruang tamu. Tepat berapa pada bagian depan yang merupakan ruang panjang. Dipakai sebagai tempat pertemuan adat dan menerima tamu. Ketiga, ruang dapur. Terletak di bagian belakang, dipakai untuk memuaskan dan menyimpan alat masak serta bahan makanan.

Rumah Lamin ini mempunyai keunikan yang membuatnya berbeda dengan rumah adat Nusantara lainnya. Hal yang kemudian menjadi sebuah ciri khas rumah ini. Keunikannya diantaranya adalah ;

Ukiran. Terdapat ukiran di dinding, pagar, ujung atap, tangga dan lainnya. Di mana dominasi warna ukiran ialah kuning, hitam dan putih. Tidak hanya difungsikan sebagai hiasan semata. Akan dapat, masyarakat Dayak percaya ini sebagai penolak bala.

Totem (patung dewa). Terdapat di halaman rumah, dipercaya sebagai penjaga rumah dari bebagai bahaya yang ada.

Ukuran. Rumah Lamin mempunyai ukuran yang besar. Hal ini dikarenakan penghuninya yang sangat banyak. Budaya Dayak yang sangat hidup bermasyarakat dan mengedepankan gotong royong dan kebersamaan.

Sekilas itulah beberapa keunikan dari Rumah Lamin. Beberapa ciri khas yang  hanya bisa ditemukan di masyarakat Dayak. Sebuah icon budaya yang dimiliki oleh Kalimantan Timur.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement