Pewarta Nusantara

Rumah Adat Kalimantan Barat

Rumah Radakng
foto/fotoistimewa

PEWARTANUSANTARA.COM – Masyarakat asli Kalimantan Barat, yakni suku Dayak memang tinggal secara komunal. Hal inilah yang membuat rumah adat dari Kalimantan Dayak punya bentuk yang besar. Rumah Panjang adalah rumah adat yang terdapat di provinsi ini. Masyarakat setempat sering menyebutkan dengan sebutan Rumah Radakng. Saat ini rumah ini semakin susah ditemukan. Hanya terdapat di beberapa tempat saja, salah satunya di Desa Saham, Sengah Temila, Landak, KalBar. Banyak orang yang berkunjung ke sana, karena ini memang merupakan rumah adat yang masih dipelihara dengan baik.

Struktur rumah adat ini berbentuk panggung, ukuranya begitu panjang. Seluruh material yang dipakai juga sebuah dari alam. Di mana bahan bakunya dibuat dari kayu asli Kalimantan yakni kayu ulin. Sedangkan bagian atapnya terbuat dari ijuk, meski sekarang banyak ditemukan yang memakai genting. Tentu saja rumah ini menggunakan tiang yang hampir mencapai 3 meter. Hal ini memang sengaja dibuat untuk menghindari penguji dari binatang buas. Sejalan dengan tangga masuk yang dibuat sempit agar hewan tidak bisa masuk.

Dari struktur rumah adat ini, fungsinya sangat jelas untuk tinggal masyarakat Dayak. Rumah Radakng ini punya ukuran yang begitu panjang mencapai 180 meter dan lebar 6 meter. Di mana dalamnya terbagi atas 4 bagian diantaranya ;

Pante, bagian yang ada di depan ini tidak lain merupakan teras. Di mana digunakan sebagai tempat untuk bersantai para penghuni rumah.

Samik. Dikenal sebagai ruang tamu yang fungsinya tempat untuk berkumpul berbagai kegiatan adat dan musyawarah. Di dalam ruangan ini terdapat meja yang disebut sebagai pene. Ukiran 3×3 dengan tinggi setengah meter. Bisa dipakai sebagai tempat duduk atau tempat tidur untuk tamu. Makanya seringkali disebut sebagai dipan.

Bilik atau kamar tidur. Jumlahnya tergantung anggota keluarga bisa banyak karena memang ukiran rumah yang besar. Bahkan bisa mencapai 24 bilik.

Uakng Mik. Ruangan yang ada di belakang rumah ini berfungsi sebagai dapur. Dipakai untuk memasak dan bebagai aktifitas dapur lainnya. Jadi para wanita memasak kemudian menyajikan untuk anggota keluarga lainnya di tempat ini.

Itulah penjelasan mengenai rumah Panjang. Rumah yang dijadikan icon adat dari Provinsi Kalimantan Barat. Syarat dengan nilai filosofis dari masyarakat Dayak. Dengan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement