Budaya

Rumah Adat Jawa Tengah (Joglo)

PEWARTANUSANTARA.COM – Ada berbagai macam jenis rumah adat Jawa Tengah. Semuanya mempunyai keunikan dalam gaya arsitektur yang dimilikinya. Yang paling populer adalah Rumah Joglo. Desain dari rumah ini bisa dibilang sangatlah unik. Dari arsitektur yang ada, bagian ataplah yang mempunyai rangka begitu tinggi. Dengan ditambahkan tiang penyangga utama berjumlah 4 besar dan berada di bagian tengah rumah. Atau orang Jawa Tengah menyebutnya sebagai soko guru.

Pada bagian atap, rumah joglo ini sekarang sudah menggunakan genting. Namun, awalnya dulu tidak jauh berbeda dengan rumah adat lainnya atapnya terbuat dari ijuk yang dianyam. Bumbungan tinggipada bagian atap yang berbahan dasar alam. Membuat rumah ini begitu sejuk dan dingin. Hampir keseluruhan dari rumah ini terbuat dari kayu jati. Mulai dari pintu, jendela, angka atap dan bagian lainnya. Pemilihan kayu jati tidak lepas dari ketahanan yang bisa didapatkan dari kayu jati.

Sekarang, Rumah Joglo menjadi salah satu icon budaya masyarakat Jawa Tengah. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fungsinya sebagai tempat tinggal. Di mana terdiri dari beberapa ruangan yang terbagi atas :

Pendopo

Bagian depan rumah yang merupakan tempat aktivitas masyarakat. Seperti pertemuan, pagelaran seni, dan upacara adat dilakukan di pendopo.

Pringitan

Terletak diantara pendopo dan omah njero (rumah dalam). Bentuknya lorong untul masuk rumah Joglo. Akan tetapi, bagian ini juga dipakai sebagai tempat pagelaran wayang.

Emperan

Bagian yang menghubungkan pringitan dan omah njero. Tempat tamu atau hanya sekadar bersantai.

Omah Njero

Bagian ini adalah bagian inti dari rumah Joglo. Biasa disebut pula sebagai dalem ageng atau omah mburi.

Senthong Kiwa

Letaknya di bagian kanan dan berfungsi sebagau gudang, kamar atau bahkan tempat menyimpan bahan makanan.

Senthong Tengah

Nama lainnya ialah pendaringan atau krobongan. Di mana bagian ini merupakan tempat penyimpanan benda berharga, harta, atau pusaka dari keluarga.

Senthong Tengen

Tidak jauh beda fungsinya seperti senthong kiwa. Hanya letaknya saja yang ada di bagian kanan rumah joglo.

Gandhok

Ini adalah bangunan tambahan mengitari rumah joglo. Bisa berada di sisi kanan atau kiri, bahkan di bagian belakang.

Itulah tadi berapa ciri khas dari rumah adat jawa tengah. Rumah Joglo yang mempunyai desain yang unik dan pembagian ruangan yang berbeda dengan jenis rumah lainnya. Warisan budaya leluruh yang wajib dilestarikan keberadaannya.

Lihat juga: Rumah Adat D.I Yogyakarta

Nonton Streaming TV Online.
Tags

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.
Close