Pewarta Nusantara

Rumah Adat Jawa Barat

PEWARTANUSANTARA.COM – Rumah adat Jawa Barat ada berbagai macam jenisnya. Setiap jenis mempunyai kandungan nilai san syarat dengan makna. Di mana itu menjadi pegangan bagi masyarakat Sunda (masyarakat asli Jawa Barat). Memiliki desain yang itu merupakan kearifan lokal dari budaya masyarakat.

Ada banyak sekali desain dengan nama yang berbeda dari rumah adat Jawa Barat ini. Setidaknya ada 5 rumah adat Jawa Barat ini. Diantaranya Ialah Jolopong, Badak Heuay, Jubleg Nangkub, Tagong Anjing dan Perahu Kemureb.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai kelima rumah adat tersebut.

Imah Julang Ngapak
Sesuai dengan namanya, rumah ini mempunyai ciri khas dari atapnya. Kalau anda cermati dengan baik, bagian atap seperti kepakan sayap seekor burung. Dengan sisi yang lebar kalau dilihat melalui depan dan dilengkapi cagak gunting.

Rumah Togog Anjing
Desain dari rumah ini bentuknya menyerupai anjing yang sedang duduk. 2 bidang atap yang disatukan serupa dengan bentuk segitiga. Ditambah dengan atap penyambung, biasanya masyarakat Sunda menyebutnya dengan sorondoy.

Rumah Badak Heuay
Bentuknya hampir serupa dengan Tagog Anjing. Akan tetapi, perbedaan terletak pada bagian suhunan. Atapnya dibuat melebihi tepi dari pertemuan dan kalau diperhatikan serupa dengan Mulut Badak. Banyak ditemukan di wilayah Sukabumi.

Rumah Jolopong
Nah, selanjutnya ada rumah adat Jolopong dengan atapnya lurus. Terdapat 2 bagian pada atap bersatu dengan panjang yang serupa. Jadi kalau dilihat, secara garis imaginer dari ujung satu dengan lainnya akan membentuk segitiga dengan kaki yang sama.

Itulah tadi beberapa jenis dari rumah adat Jawa Berat. Dari beberapa rumah yang tadi telah diulas ada salah satu yang dikenal masyarakat Indonesia. Rumah ini juga banyak dibuat oleh masyarakat sunda lantaran dari cara membuatnya sangat mudah. Bahan yang dipakai tidak terlalu memakan biaya yang mahal. Kalau melihat, dari namanya, maka Jololong artinya terlukai. Di mana yang menjadi ciri khas terletak pada bagian atap. Seperti yang telah disebutkan tadi. Demikian penjelasan mengenai rumah adat dari Jawa Barat.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement

Advertisement