Pewarta Nusantara

Rumah Adat Bali

Rumah Adat Gapura Candi Bentar
foto/balubu.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Gapura Candi Bentar adalah rumah adat provinsi Bali. Rumah ini sangat terkenal karena mempunyai bentuk yang sangat unik. Di mana hampir mayoritas penduduk Bali beragama Hindu. Membuat rumah hunian selalu diberikan gapura. Meskipun banyak dibangun rumah dengan desain modern. Rumah adat Bali ini tidak akan lekang oleh waktu dan selalu dikenal masyarakat luas.

Berbicara mengenai struktur dari rumah adat ini begitu unik. Hampir tidak ada yang menyamai struktur bangunan dan desain dari rumah adat yang satu ini. Ingin tahu lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan mengenai bebepa komponen yang terdapat di dalam rumah adat ini.

Bangunan Suci/ Merajan

Merajam merupakan bagian yang dianggap suci. Lantaran tempat ini digunakan sebagai tempat pemujaan pada Tuhan atau roh leluhur. Ada beberapa bangunan di dalamnya, dengan fungsi yang berbeda-beda tergantung pemiliknya.

Bale Dangin

Bale Dangin atau biasa disebut dengan Bale Gede adalah tempat yang terdapat di bagian timur dengan jumlah tiang mencapai 12 buah. Tempat ini digunakan sebagai tempat menyelenggarakan upacara adat sekaligus tempat tidur.

Bale Delod

Ini merupakan ruangan yang dipakai untuk menerima dan menjamu tamu. Selain itu, tempat ini juga difungsikan sebagai tempat upacara kematian sebelum disemayamkan.

Bale Meten

Tempatnya terbagi menjadi sudah bagian. Satu bagian berfungsi sebagai tempat untuk orang tua dan kepala keluarga tidur. Sedangkan yang satunya digunakan tempat sembahyang dan menyimpan bebagai perlengkapan adat.

Bale Dauh

Disebut dengan Bale Loji yang dipakai untuk tidur para anak muda yang menghuni rumah adat Bali ini. Dimana terletak di bagian barat dari rumah gapura candi bentar.

Lumbung

Biasa disebut sebagai jileng, merupakan tempat penyimpanan berbagai macam hasil panen. Pada bagian bawah ada ruang atau bale yang dipakai untuk tempat santai keluarga.

Dapur atau Paon

Seperti dengan namanya, ini merupakan tempat di mana digunakan untuk memasak. Hal yang tidak bisa dilepaskan dari bangunan rumah apapun.

Pengaling-aling

Bagian dari pintu gerbang dengan manfaat pengalih untuk jalan masuk. Sehingga jalan yang dipakai bukan lagi lurus, namun menyamping.

Candi Bentar

Atau biasa dibuat angkul-angkul. Bagian terpenting dari rumah ini karena namanya, candi bentar terletak di bagian depan yang merupakan gapura rumah.

Dari struktur rumah adat provinsi Bali ini, bisa dikatakan punya keunikan tersendiri. Ukuranya sangat luas dengan terdiri dari beberapa bangunan dengan fungsi yang berbeda. Itulah pengetahuan tentang rumah Gapura Candi Bentar yang bisa diulas kali ini.

Nonton Streaming TV Online.
Erniyati Khalida

Erniyati Khalida

Penulis tetap di Pewarta Nusantara ( pewartanusantara.com ). Konten spesial Budaya Nusantara.

Advertisement