Sosok
151 Views

Rene Descartes, Seorang Filsuf dan Matematikawan Prancis (1596 – 1650)

Rene Descartes
“I think; therefore I am.” - Rene Descartes

Pewartanusantara.com – Tak bisa dipungkiri jika penemuan dari tokoh-tokoh hebat dan terkenal di Dunia memang sangat menginspirasi dan sangat menarik di ketahui. Salah satu fakta yang menarik untuk diketahui yaitu biografi Rene Descartes. Seperti yang diketahui, Ia adalah seorang filsuf dan Matematikawan Prancis.

Tokoh ini sangat berpengaruh karena dikenal sebagi filsuf pertama dan terkemuka pada masa modern. Salah satu pemikiran hebatnya yaitu perlawananya pada skeptisme atau keragu-raguan. Nah, berikut adalah kisah hidup Rene Descartes. Simak ya!

Riwayat Hidup Rene Descartes

Rene Descartes adalah seorang filosof yang menjadi pioner dari munculnya filsafat modern. Filosofi  yang Ia munculkan terkenal dengan sebuatan Carito Ergo Sum atau filosofi keraguanya. Filosofi tersebut membangkitkan kembali pemikiran rasionalisme dari abad Yeunani kuno yang tergerus pengaruh gereja di abad pertengahan (Kristen).

Descartes lahir pada tanggal 31 Maret tahun 1596  di Distrik Touraine, Perancis. Saat ini kota kelahiranya tersebut diberi nama yaitu Haye-lah untuk menghormati jasanya. Ia wafat pada tahun 1650.  Ia diasuh oleh neneknya hingga berusia 10 tahun karena Ibunya meninggal  karena Ibunya meninggal saat Ia masih kecil.

“If you would be a real seeker after truth, it is necessary that at least once in your life you doubt, as far as possible, all things.”

René Descartes

Descartes menempuh pendidikanya di sekolah jasuit di La Fleche, dekat dengan Le Mans dan lulus pada tahun tahun 1614. Ia pun melanjutkan sekolah di Universitas Politiers di bidang hukum dan lulus dua tahun kemudian. Kehidupan Desvartes terbilang berkecukupan sehingga membuatnya mudah berkelana di daratan Eropa.

Pemikiran Rene Descartes

Rene Descartes pernah  mengecam pendidikan Matematika yang diajarkan di Universitas. Descartes  mempunyai pemikiran bahwa tidak ada ilmu apapun yang bisa dipercaya tanpa ilmu matematika. Bahkan pada masa mudanya ia mengalami fluktasi sehingga akhirnya tertarik menjadi seorang serdadu. Ia pun memasuki militer di tiga dinas berbeda yaitu Belanda, Bavaria, dan Hongaria.

“I suppose therefore that all things I see are illusions; I believe that nothing has ever existed of everything my lying memory tells me. I think I have no senses. I believe that body, shape, extension, motion, location are functions. What is there then that can be taken as true? Perhaps only this one thing, that nothing at all is certain.”

René Descartes

Dari kegiatanya tersebut ia berusaha  menerapkan metode kebenaran. Hingga akhirnya pada usia 32 tahun, ia memutuskan metode membangun gambaran dunia sesungguhnya. Karya terkenal yang pernah dibuat oleh Descartes yaitu Discourse de la Methode dan Meditationes de prima philosophia.  Di dalam karya tersebut termuat tiga bagian dapat diragukan.

Pertama, ia menyebut bahwa pengetahuan berasal dari pengalaman indramawi dapat diragukan. Selain itu, fakta umum misalnya api itu panas juga bisa diragukan. Bahkan, prinsip logika dan  Matematika juga Ia ragukan.

Berdasarkan metode yang diciptakan oleh Descartes tersebut, maka muncul pemikiran bahwa segala sesuatu harus dipecahkan secara rasional. Suatu hal harus diselesaikan dengan logika, pembuktian dan analisis berdasarkan fakta dibanding melalui iman atau ajaran agama. Jadi, berdasarkan metode Descartes, semua permasalahan harus di pandang secara realistis.

“It is only prudent never to place complete confidence in that by which we have even once been deceived.”

René Descartes, Meditations on First Philosophy

Baca juga: Biografi Isaac Newton, Sang Penemu Teori Gravitasi (1642-1727)

Penemuan-Penemuan Rene Descartes

Dari adanya penyelidikan dan metode-metode yang di kemukakan oleh Descartes, Ia akhirnya menyimpulkan jika Matematika adalah sarana pengembangan kebenaran di segala bidang. Beberapa penemuanya di bidang Matematika adalah sebagai berikut.

  • Penemuan Tentang Geometri Analitis

Biografi Rene Descartes memang sangat menarik diketahui terutama bagi anak muda saat ini. Bagimana tidak? Tokoh yang satu ini terkenal dengan penemuan-penemuanya yang hebat. Salah satunya yaitu tentang geometri analitis.  Berkat penemuan tersebut, Descartes akhirnya dikenal sebagai pencipta dari Sistem Koordinat Cartesius.

Ilmu ini sangat berpengaruh pada perkembangan kalkulus modern bahkan diterapkan pada ilmu Matematika hingga kini. Kontribusinya yang besar di bidang Matematika, bahkan mebuat Cartesius disebut sebagai   “ Bapak Matematika Modern”.

  • “Kemiringan” Pada Persaman Garis Lurus

Penemuan lain yang pernah diperkenalkan oleh Descartes yaitu mengenai  “kemiringan” pada persamaan garis lurus. Ia adalah orang pertama yang memberikan gambaran mengenai penyelesaian kemiringan dan persamaan linear. Menurutnya kemiringan  menentukan posisi suatu garis terhadap koordinat x dan koordinat y. Penemuan ini tercatat dalam biografi Rene Descartes yang sangat bermanfaat dan banyak diterapkan di masa kini.

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.