Putin: Rusia Bertekad Mendukung Upaya Pencegahan Pengembangan Senjata Biologis

Avatar
Google News
Putin: Rusia Bertekad Mendukung Upaya Pencegahan Pengembangan Senjata Biologis
Putin: Rusia Bertekad Mendukung Upaya Pencegahan Pengembangan Senjata Biologis - pewarta nusantara - (Foto: The New York Times)

Pewarta Nusantara, MoscowPresiden Rusia, Vladimir Putin, menegaskan komitmen Rusia untuk mendukung mekanisme pencegahan pengembangan Senjata Biologis dan racun dalam sebuah konferensi internasional.

Putin menyatakan bahwa Rusia secara konsisten mendukung langkah-langkah supranasional yang bertujuan untuk mencegah penyebaran senjata biologis dan racun.

Dalam pidatonya di Konferensi Ilmiah dan Praktis Internasional yang membahas keamanan biologis global, Putin menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam upaya ini.

Ia menekankan perlunya menjaga kesetaraan dan menghormati kedaulatan setiap negara dalam interaksi internasional terkait dengan senjata biologis.

Putin juga menyoroti pelanggaran sistematis terhadap prinsip-prinsip pelarangan senjata biologis dan racun yang telah disepakati. Di tengah kondisi internasional yang sulit, Putin menyatakan pentingnya mempertahankan dan memperkuat kerja sama multilateral dalam penanggulangan ancaman biologis.

Namun, inisiatif untuk menyederhanakan rezim non-proliferasi seringkali menghadapi tantangan dari beberapa negara yang mencoba memperoleh keamanan biologis mereka sendiri dengan mengorbankan negara lain.

Baca juga: Ilmuwan Bomb Termonuklir Rusia Bunuh Diri, Polisi Membuka Penyelidikan

Putin mengungkapkan kekhawatirannya terhadap upaya semacam itu yang dapat mengancam keamanan global. Dalam konteks ini, Rusia bertekad untuk terus berperan aktif dalam memperkuat mekanisme pencegahan pengembangan senjata biologis dan racun serta menjaga kerja sama internasional yang solid dalam menghadapi ancaman ini. (*Ibs)