Putin Putuskan Absen! KTT BRICS 2023 akan Disambut oleh Lavrov sebagai Wakil Rusia

Google News
Putin Putuskan Absen! KTT BRICS 2023 akan Disambut oleh Lavrov sebagai Wakil Rusia
Putin Putuskan Absen! KTT BRICS 2023 akan Disambut oleh Lavrov sebagai Wakil Rusia - pewarta nusantara - (Foto: bne IntelliNews)

Pewarta Nusantara, Internasional – Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah memutuskan untuk tidak menghadiri KTT BRICS yang akan datang, menurut kantor presiden Afrika Selatan pada Rabu (19/7).

Namun, keputusan bersama telah dicapai untuk menghadapi masalah ini, dan Rusia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov dalam pertemuan tersebut.

KTT BRICS 2023 akan berlangsung di Johannesburg, Afrika Selatan pada 22-24 Agustus, dan para pemimpin dari Brasil, India, China, dan Afrika Selatan akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Presiden Afrika Selatan, Ramaphosa, memiliki keyakinan bahwa KTT ini akan sukses, dan dia meminta keramahtamahan bagi para peserta yang datang dari berbagai belahan benua dan dunia.

Namun, hingga saat ini, Kremlin belum memberikan komentar mengenai keputusan Putin untuk tidak hadir dalam pertemuan tingkat tinggi ini.

Juru bicara Menteri Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, memberikan tanggapan ringkas dengan mengatakan bahwa biasanya administrasi kepresidenan yang mengomentari pertemuan tingkat tinggi seperti ini.

Namun, hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi lebih lanjut dari pihak Rusia terkait absennya Putin dalam KTT BRICS.

Baca Juga; Rusia Menyatakan Penangguhan Kesepakatan Biji-bijian dan Menyoroti Kerja Sama dengan Mitra Afrika

BRICS adalah kelompok ekonomi yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, yang didirikan pada tahun 2009.

Kelompok ini telah menjadi platform penting untuk kerja sama ekonomi antara negara-negara anggotanya. Selain itu, beberapa negara lain juga menyatakan niatnya untuk bergabung dengan blok ekonomi ini, termasuk Argentina dan Iran, serta Indonesia, Turki, Arab Saudi, dan Mesir.

Meskipun organisasi Kesehatan Dunia telah mengumumkan berakhirnya pandemi COVID-19 pada Mei 2023, KTT BRICS 2023 akan menjadi pertemuan tatap muka pertama mereka sejak dimulainya pandemi pada tahun 2020.

Acara ini diharapkan menjadi momen penting untuk membahas isu-isu global dan memperkuat kerja sama antara negara-negara anggota. (*Ibs)