Pewarta Nusantara

Pesta, Dansa, dan Politik

Pesta dansa politik
Ilustrasi/Feri Setiaji

Tahun yang sangat menggairahkan juga mencemaskan
Tahun penuh kejutan, fantasi, dan pengintaian

Tiba saatnya tahun politik
Semua harus ikut bertanggungjawab
Mengapa demikian?
Bukankah yang berpesta adalah mereka
Yang berdansa juga adalah mereka
Mengapa semua harus ikut bertanggungjawab?

Begitulah tahun pesta, dansa, dan politik
Yang berpesta atau tidak
Yang berpolitik atau tidak
Semuanya harus ikut berdansa, berpesta, dan bertanggungjawab

Jika demikian konsekuensinya
Maka biarlah pesta adalah hajat kita bersama
Biarlah dansa adalah energi kita bersama
dan biarlah politik adalah tanggung jawab kita bersama.

Tulisan ini sedikit diawali dengan “Metafor Puisi” yang sekaligus menggambarkan isi dan gagasannya. Mungkin ada yang bersepakat bahwa isu politik adalah tanggungjawab praktisi politik saja. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa diskursus mengenai politik adalah tanggungjawab semua masyarakat. Karena salah satu inti dari politik adalah meyangkut tatanan masyarakat yang sangat kompleks.

Menjelang momen politik baik dari tingkatan daerah hingga pusat, dari media massa hingga masyarakat luas, akan memberikan banyak energi dari mengikuti, memikirkan, hingga memberikan partisipasi baik secara langsung maupun tidak.

Inti dari tulisan singkat ini, terkait salah satu pertanyaan bagaimana sikap politik kita sebagai masyarakat umum jika diperhadapkan dengan pilihan politik yang semakin kompleks. Apakah kuasa partai atau organisasi, identitas agama, figur, visi dan misi adalah kata kunci dari pilihan politik?

Pertanyaan di atas sejalan dengan pandangan Michel Foucault, bahwa kekuasaan sama luasnya dengan lembaga sosial dan juga relasi kekuasaan yang saling terjalin dengan jenis-jenis relasi lainnya. Maka, pilihan politik adalah kompleksitas dari sebuah pilihan. Oleh karena itu, masyarakat harus terlibat aktif dari memikirkan hingga melakukan terkait bagian-bagian sosial yang ada disekeliling.

Karena konsekuensi dari pilihan politik hari ini, akan berdampak dan meluas pada lapisan dan tubuh sosial lainnya. Sehingga menjadi bagian dari masyarakat aktif yang ikut memikirkan dan terlibat, bisa menjadi alternatif membangun ruang publik yang sehat dan progresif.

Nonton Streaming TV Online.
Djunawir Syafar

Djunawir Syafar

Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Advertisement

Advertisement