BREAKING NEWS! Pertamina Patra Niaga Terapkan Skema Full QR Code untuk Pembelian Bahan Bakar Subsidi Solar di Seluruh Indonesia

Avatar
Google News
Skema Full QR Code Pertamina
Skema Full QR Code Pertamina (Foto: Istmewa)

Pewarta Nusantara, Jakarta, 25 Juni 2023Pertamina Patra Niaga telah meluncurkan skema Full QR Code untuk pembelian produk Solar Subsidi di 514 Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Langkah ini merupakan bagian dari Program Subsidi Tepat yang telah mencapai tahap ketiga dari total lima tahapan.

Skema Full QR Code ini bertujuan untuk memudahkan dan memastikan masyarakat yang berhak mendapatkan Solar Subsidi.

Tahap pertama program ini melibatkan instalasi dan penyiapan infrastruktur digitalisasi di SPBU yang selesai pada Desember 2020.

Tahap kedua mencakup integrasi platform MyPertamina yang melibatkan server, website, aplikasi, program promosi, dan media sosial, dimulai sejak Juli 2022.

Implementasi Full QR Code ini bertujuan untuk memudahkan proses verifikasi transaksi Solar Subsidi dengan mengizinkan penggunaan QR Code.

Cara Daftar MyPertamina Via Ponesl

Skema Full QR Code Pertamina MyPertamina (Foto: Istmewa)
Skema Full QR Code Pertamina MyPertamina (Foto: Istmewa)

Pendaftaran subsidi solar di aplikasi MyPertamina dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi MyPertamina melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Daftar akun MyPertamina dengan mengisi nama, nomor telepon, dan password.
  3. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, STNK, Foto Kendaraan, Foto Pelat Nomor Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
  4. Pada halaman utama aplikasi, klik “Daftar & Transaksi” dan pilih “Pendaftaran”.
  5. Gulir ke bawah dan centang bagian “Saya telah memahami penjelasan…”.
  6. Klik “Daftar Sekarang”.
  7. Isi data dengan benar sesuai instruksi dalam aplikasi.
  8. Setelah data terisi lengkap, klik “Daftar Subsidi Tepat” untuk mengirimkan formulir kendaraan.
  9. Tunggu pencocokan data maksimal 14 hari kerja melalui alamat email yang telah didaftarkan. Anda juga dapat memeriksa status pendaftaran secara berkala melalui aplikasi atau situs web.
  10. Setelah pendaftaran terkonfirmasi, unduh kode QR untuk digunakan dalam bertransaksi di SPBU Pertamina.

Masyarakat dapat mendaftar dan menggunakan QR Code untuk bertransaksi di SPBU. Selain itu, Pertamina juga menyediakan berbagai skema, termasuk opsi untuk mencetak QR Code bagi mereka yang tidak memiliki ponsel.

Transaksi dilakukan sesuai dengan batasan volume yang telah ditetapkan berdasarkan kriteria kendaraan yang diatur oleh SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/Kom/2020.

Keberhasilan implementasi Full QR Code ini tak terlepas dari dukungan berbagai stakeholder, seperti pemerintah daerah, Hiswana Migas, media massa, dan masyarakat sendiri.

Pertamina mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menjaga penyaluran Solar Subsidi yang lebih transparan melalui Program Subsidi Tepat.

Sebagai BUMN yang bertanggung jawab dalam mengelola BBM bersubsidi, Pertamina berupaya untuk menyalurkannya dengan tepat sasaran.

Selain itu, mereka juga mengajak masyarakat yang mampu untuk menggunakan BBM Non Subsidi sebagai bagian dari upaya mendukung penyaluran yang tepat sasaran.

Informasi lebih lanjut mengenai skema Full QR Code dapat ditemukan di website mypertamina.id, akun media sosial @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina, atau melalui Pertamina Call Center (PCC) 135.

Sebagai pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dan terus mendorong program-program yang berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDG’s).

Baca juga: Daftar 12 Kasus Pelanggaran HAM Berat yang Diakui Pemerintah

Upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.