Perlawanan Ukraina Dapat Angin Segar! UE Siap Gelontorkan Paket Bantuan Baru Senilai $55 Miliar

Avatar
Google News
Perlawanan Ukraina Dapat Angin Segar! UE Siap Gelontorkan Paket Bantuan Baru Senilai $55 Miliar
Perlawanan Ukraina Dapat Angin Segar! UE Siap Gelontorkan Paket Bantuan Baru Senilai $55 Miliar - pewarta nusantara - (Foto: The New York Times)

Pewarta Nusantara, Kyiv – Kunjungan London akan menjadi momentum penting dalam upaya mendukung Ukraina dalam menghadapi serangan Rusia.

Komisi Eropa bersiap untuk mengumumkan paket bantuan keuangan senilai €50 miliar ($55 miliar) yang akan diberikan kepada Ukraina.

Sumber mengindikasikan bahwa langkah ini akan melibatkan kontribusi langsung dari negara-negara anggota UE daripada meminjam dari pasar.

Paket tersebut bertujuan untuk mendukung pengeluaran pemerintah Ukraina dan membiayai upaya rekonstruksi yang mendesak.

Namun, bantuan ini juga menuai kritik dan perhatian terkait keberlanjutan anggaran UE. Menteri Keuangan Jerman, Christian Lindner, mengungkapkan keterbatasan keuangan yang dihadapi oleh Berlin dan menegaskan bahwa mereka tidak dapat memberikan kontribusi tambahan.

Sementara itu, Moskow terus memberikan peringatan terhadap pengiriman senjata ke Ukraina, menyebutnya sebagai keterlibatan langsung dalam konflik.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, menekankan bahwa persenjataan dan pelatihan pasukan Ukraina oleh sekutu NATO dapat memperparah eskalasi konflik tersebut.

Baca juga: Krisis Sosial Ekonomi di Lebanon: Anak-anak Terpaksa Bekerja dan Pendidikan Terhenti

Dalam Konferensi Pemulihan Ukraina yang diadakan di London, para pemangku kepentingan internasional akan membahas dukungan keuangan dan upaya rekonstruksi yang diperlukan untuk membantu Ukraina menghadapi serangan Rusia.

Dengan adanya paket bantuan baru yang signifikan, diharapkan Ukraina dapat mengatasi tantangan yang dihadapinya dan memulihkan kestabilan di wilayah tersebut. (*Ibs)