Penyelesaian Konflik Ukraina Tanpa Keterlibatan Rusia Akan Sia-sia, Pahami Mitra Rusia dalam Blok BRICS

Google News
Penyelesaian Konflik Ukraina Tanpa Keterlibatan Rusia Akan Sia-sia, Pahami Mitra Rusia dalam Blok BRICS
Penyelesaian Konflik Ukraina Tanpa Keterlibatan Rusia Akan Sia-sia, Pahami Mitra Rusia dalam Blok BRICS - pewarta nusantara - (Foto: World Politics Review)

Pewarta Nusantara, Internasional – Mitra Rusia dalam blok BRICS memahami bahwa pembahasan penyelesaian konflik Ukraina tanpa keterlibatan Moskow akan sia-sia.

Demikian dikatakan oleh Pavel Knyazev, duta besar Kementerian Luar Negeri Rusia dan sous-sherpa Rusia di BRICS, kepada Sputnik pada Jumat (30/6).

Pertemuan di Kopenhagen yang dihadiri oleh keamanan nasional dan penasihat politik dari sejumlah negara, termasuk Brasil, Kanada, Denmark, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Italia, Ukraina, Arab Saudi, Afrika Selatan, Inggris Raya, Amerika Serikat, Turki, dan Jepang, menjadi ajang untuk membahas penyelesaian konflik Ukraina.

Menurut Andriy Yermak, kepala kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan konsultasi dalam format ini.

Yermak juga menyatakan keinginan Ukraina untuk menjadi tuan rumah KTT perdamaian global guna membahas Rencana Perdamaian Kiev.

Knyazev menanggapi pertemuan tersebut dengan mengatakan, “Tentang inisiatif ini – ini, seperti yang Anda ketahui, adalah upaya untuk mempromosikan ultimatum yang diusulkan Zelensky dan garis yang dipromosikan oleh pelanggannya di Barat. Semua orang, termasuk mitra BRICS kami, memahami bahwa diskusi mengenai situasi semacam itu di Ukraina atau penyelesaian antara Ukraina dan Rusia tanpa keterlibatan Rusia akan sia-sia.”

Pernyataannya menegaskan pentingnya peran Rusia dalam menyelesaikan konflik Ukraina dan mengakui bahwa mitra Rusia dalam blok BRICS juga memahami hal tersebut. (*Ibs)

Baca Juga: IMF Menyetujui Pencairan Bantuan $890 Juta untuk Ukraina