Pengembangan Ekonomi Digital di Nepal: Menatap Masa Depan Teknologi dan Inovasi

Avatar
Google News
Pengembangan Ekonomi Digital di Nepal: Menatap Masa Depan Teknologi dan Inovasi
Pengembangan Ekonomi Digital di Nepal: Menatap Masa Depan Teknologi dan Inovasi - pewarta nusantara - (Foto: Nepal Press)

Pewarta Nusantara, InternasionalPM Nepal Menyebut Fokus Negara pada Pengembangan Ekonomi Digital. Dalam konferensi digital yang diadakan oleh Huawei Nepal di Kathmandu.

Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal Dahal, menyatakan bahwa pemerintahannya memiliki prioritas yang tinggi dalam pengembangan ekonomi digital dan layanan digital guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dahal mengungkapkan bahwa pemerintah Nepal telah mengalokasikan 1 persen dari total anggaran pembangunan untuk inovasi dan start-up pada tahun fiskal mendatang.

Langkah ini diambil untuk mendorong kaum muda Nepal agar lebih fokus pada inovasi dan berkontribusi dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Selain itu, Nepal juga telah menurunkan ambang batas investasi asing langsung (FDI) dalam sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan mengurangi ambang batas menjadi sekitar 153.000 dolar AS, dibandingkan dengan sektor-sektor lain yang membutuhkan 384.000 dolar AS, Nepal berharap untuk mendorong investasi asing di sektor teknologi dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di negara tersebut.

PM Dahal juga menegaskan bahwa pemerintah Nepal sedang berfokus pada peningkatan tata kelola digital. Mereka telah mengambil langkah-langkah untuk memperkenalkan One Stop Solution dan Data Exchange Platform guna mengintegrasikan semua layanan digital pemerintah.

Upaya ini bertujuan untuk menyediakan solusi yang mudah diakses bagi masyarakat dan meningkatkan efisiensi serta keterhubungan dalam penyampaian layanan publik.

Dalam upaya memajukan teknologi digital di Nepal, Huawei Nepal telah mengadakan acara Huawei MNC Digital Nepal Conclave selama dua hari.

Acara ini bertujuan untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem digital Nepal untuk membahas dan memamerkan kemajuan serta potensi negara tersebut dalam bidang teknologi digital.

Presiden Huawei Asia Selatan, Pan Junfeng, menyampaikan komitmen Huawei untuk terus berkontribusi dalam pengembangan sektor digital di Nepal, dengan fokus pada transformasi digital dan solusi cerdas yang dapat memajukan negara tersebut.

Perkembangan ekonomi digital di Nepal diharapkan dapat membuka peluang baru, mendorong inovasi, dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Dengan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dan kolaborasi dengan perusahaan teknologi seperti Huawei, Nepal berusaha untuk menjadi pemain yang relevan dalam era digital yang terus berkembang. (*Ibs)