Penemuan Patung Buddha Tiongkok Langka dalam Rumah Keluarga Prancis: Kisah Menakjubkan dari Kediaman Tersembunyi

Avatar
Google News
Penemuan Patung Buddha Tiongkok Langka dalam Rumah Keluarga Prancis: Kisah Menakjubkan dari Kediaman Tersembunyi
Penemuan Patung Buddha Tiongkok Langka dalam Rumah Keluarga Prancis: Kisah Menakjubkan dari Kediaman Tersembunyi - pewarta nusantara - (Foto: Today Online)

Pewarta Nusantara – Patung Buddha Tiongkok yang Langka akan Dilelang: Penemuan Menakjubkan di Rumah Keluarga Prancis.

Sebuah patung langka yang menggambarkan Buddha Bodhisattva Guanyin akan dilelang di Bonhams Paris pada tanggal 13 Juni mendatang.

Patung kayu ini ditemukan di sebuah rumah keluarga di Prancis dan sebagian dari rangkaiannya diperkirakan telah hilang. Diperkirakan patung ini akan terjual seharga 1 juta euro (1,1 juta dolar).

Menurut Bonhams, rumah lelang yang menyelenggarakan acara tersebut, patung ini adalah karya seni religius yang sangat langka dan dibuat pada abad ke-12 hingga ke-13 di bawah dinasti Jin.

Dengan tinggi lebih dari satu meter, patung ini terakhir kali dijual pada tahun 1930-an kepada sebuah keluarga di Boulogne, sebuah pinggiran kota dekat Paris. Namun, pemilik patung saat ini ingin tetap anonim.

Caroline Schulten, kepala seni Cina Bonhams, mengungkapkan bahwa pemilik patung tidak menyadari nilai sebenarnya hingga mereka menghubunginya untuk memperkirakan.

Selama berada dalam kepemilikan keluarga selama beberapa generasi, patung ini telah menjadi bagian dari rumah pribadi mereka.

Namun, sejak penjualan terakhir pada tahun 1930-an, patung ini mengalami kerusakan, termasuk kehilangan satu tangan. Schulten menjelaskan bahwa terdapat catatan bahwa patung tersebut pernah menjadi objek permainan anak-anak, seperti bermain sepak bola di sekitarnya.

Baca juga: Volkswagen Meluncurkan Era Baru Mobilitas Listrik di China: Investasi Miliaran RMB untuk Pusat NEV Terbesar

Meskipun mengalami kerusakan, patung ini tetap memiliki daya tarik yang kuat dan menjadi salah satu dari sedikit yang tersisa di dunia.

Bonhams menyatakan bahwa kemungkinan hanya ada beberapa patung serupa yang masih ada di dunia, sebagian besar berada di museum.

Kemungkinan masih ada bagian dari kelompok patung ini yang tersimpan di Prancis, Belgia, atau Swiss. Bonhams berharap bahwa penjualan patung ini dan publisitas seputarnya akan memancing minat publik untuk mengeksplorasi rumah-rumah mereka sendiri dan menyadari bahwa mereka mungkin memiliki harta seni yang berharga.

Lelang ini menjadi momen yang mengesankan, menunjukkan keajaiban penemuan seni yang dapat ditemukan di tempat yang tidak terduga, seperti rumah keluarga yang tersembunyi di Prancis.

Patung Buddha Tiongkok yang langka ini tidak hanya memiliki nilai artistik yang tinggi, tetapi juga menyimpan cerita tentang sejarah dan warisan budaya yang berharga. (*Ibs)