Pendaftaran Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang: Kesempatan Luas Bagi Calon Awardee Berkualitas

Avatar
Google News
Pendaftaran Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang: Kesempatan Luas Bagi Calon Awardee Berkualitas
Pendaftaran Seleksi Program Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang: Kesempatan Luas Bagi Calon Awardee Berkualitas - pewarta nusantara - (Foto: Kumparan)

Pewarta Nusantara, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi Program Gelar Beasiswa-indonesia-bangkit">Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023 telah diperpanjang.

Calon peserta yang tertarik dapat mendaftar hingga 10 Juli 2023. Selain itu, pendaftaran seleksi Beasiswa Non Gelar MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) juga mengikuti perpanjangan hingga 5 Juli 2023.

M Ali Ramdhani, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, berharap perpanjangan pendaftaran ini dapat menarik calon awardee yang memiliki potensi unggul.

Sebelumnya, Kemenag telah berhasil melakukan seleksi masuk layanan program Beasiswa Indonesia Bangkit dengan hasil yang memuaskan, ditandai dengan jumlah pendaftar yang tinggi, kualitas awardee yang baik, dan pelayanan manajerial yang terjamin.

M Ali Ramdhani berharap program ini dapat mencakup seluruh keluarga besar Kemenag yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Program Gelar BIB merupakan beasiswa pendidikan untuk memperoleh gelar akademik pada jenjang S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi dalam atau luar negeri.

Beasiswa ini mencakup seluruh biaya pendidikan bagi peserta yang lulus seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan. Ahmad Zainul Hamdi, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, menjelaskan bahwa perpanjangan masa pendaftaran ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada calon pendaftar Beasiswa Gelar dan Non Gelar.

Program Gelar BIB 2023 ini fokus pada stakeholders keluarga besar Kemenag dan terbuka untuk semua agama. Program Gelar BIB 2023 memiliki tujuan utama meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan dari tingkat dasar hingga tinggi.

Program ini juga bertujuan untuk memperluas akses bagi stakeholder Pendidikan Agama dan Keagamaan dalam melanjutkan pendidikan melalui jalur beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri.

Perubahan dalam proses seleksi juga terjadi akibat perpanjangan pendaftaran. Calon peserta dapat mengikuti tahapan seleksi yang mencakup pengumuman, seleksi administrasi, seleksi skolastik dan psikotes, serta seleksi wawancara.

Bagi program MOSMA, tahapan seleksi meliputi pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan pengumuman kelulusan.

Baca juga: Kemenag Buka Beasiswa Kuliah di Luar Negeri untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan: Peluang Studi Global Menanti!

Program MOSMA memiliki jadwal pembekalan peserta dan pelaksanaan program yang berlangsung dari September hingga Desember 2023, serta monitoring evaluasi yang dilakukan selama periode tersebut.

Dengan perpanjangan pendaftaran ini, diharapkan lebih banyak calon awardee berkualitas yang dapat memanfaatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan mereka dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui beasiswa BIB. (*Ibs)

Tahapan Kegiatan Seleksi Program Beasiswa Gelar:

  • Pengumuman dan Sosialisasi Beasiswa: 29 Mei – 25 Juni 2023
  • Pendaftaran Beasiswa: 5 Juni – 10 Juli 2023
  • Seleksi Administrasi: 11 – 20 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 21 Juli 2023
  • Seleksi Skolastik dan Psikotes: 24 – 28 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Skolastik dan Psikotes : 31 Juli 2023
  • Seleksi Wawancara: 7 – 9 Agustus 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 18 Agustus 2023

Tahapan Seleksi Kegiatan Program MOSMA:

  • Pengumuman dan Sosialisasi Beasiswa: 29 Mei – 25 Juni 2023
  • Pendaftaran Beasiswa: 15 Juni – 5 Juli 2023
  • Seleksi Administrasi: 6 – 10 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 12 Juli 2023
  • Seleksi Wawancara : 13-14 Juli 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 15 Juli 2023
  • Pembekalan Peserta: 7 Agustus 2023
  • Pelaksanaan Program: September – Desember 2023
  • Monitoring Evaluasi: September – Desember 2023

Baca juga: Bantahan Kemenag terhadap Pernyataan Ridwan Kamil: Tidak Ada Dana Bantuan untuk Pesantren Al Zaytun, BOS Itu Hak Semua Siswa