Pewarta Nusantara

Pemuda Penentu Maju Mundurnya Suatu Bangsa !!

‘’ Atas Berkat Rohmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

Kita sering mendengar kalimat diatas pada saat  upacara bendera, khususnya pada saat pembacaan pembukaan undang-undang dasar. Hal ini sudah diperdengarkan sejak kecil, ditujukan agar generasi bangsa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Potongan pembukaan undang-undang dasar tersebut merupakan sebgaian dari cita- cita bangsa Indonesia.

Namun seiring berjalanya waktu, cita-cita ini mulai pudar di kalangan pemuda karena begitu banyak budaya luar yang masuk dan tidak sesuai dengan bangsa Indonesia yang diimplementasikan  pada kehidupan sehari-hari dan membuat rasa cinta tanah air mulai memudar. Hal ini merupakan kemunduran bagi bangsa, yang hakikatnya pemuda adalah ujung tombak dan tulangpunggung bagi keberlanjutan masa depan bangsa Indonesia. Suatu bangsa yang besar dan dapat bertahan secara berkelanjutan karena ada pemuda yang menggerakkan perubahan dan melakukan tindakan yang positif dan kreatif untuk kemajuan bangsa Kurangnya rasa kebangsaan membuat pemuda bersikap apatis terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, baik lingkungan rumah maupun terhadap kinerja pemerintah Indonesia. Pemudalah yang akan melanjutkan jenjang birokrasi bangsa Indonesia ini.

Untuk itu, sangat penting untuk membangkitkan jiwa- jiwa nasionalisme pada pemuda dengan pemaparan tentang para pahlawan yang dulunya terdiri atas pemuda bangsa dan berjuang hingga titik penghabisan untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan – tangan para penjajah. Pemuda haruslah mengetahui dasar- dasar yang mempersatukan bangsa kebhinekaan bangsa Indonesia yang hingga kini tetap berada dibawah nauangan Pancasila.  Selain pengetahuan akan bangsa Indonesia, jiwa nasionalisme dapat ditingkatkan dengan memancing para pemuda untuk melakukan hal-hal positif yang tentunya berkaitan dengan Kebangsaan Indonesia.

Pada hari pahlawan tepatnya tanggal 10 November, merupakan suatu moment yang dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dengan adanya perwadahan yang akan mewadahi para pemuda untuk mengembangkan dirinya untuk kemajuan bangsa Indonesia. Salah satu contohnya adalah Pewarta Nusantara yang dapat mewadahi pemuda dan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal bangsa Indonesia yang dalam rangka memperingati hari jadinya tepat pada hari pahlawan mengadakan lomba menulis dengan tema Kebangsaan.

Nonton Streaming TV Online.
Anisa Kurniati

Anisa Kurniati

Advertisement

Advertisement