Sosok

Pemikiran Heraklitus, Filosof Yunani Kuno 600 SM – 540 SM

Heraklitus
Ilustrasi: Aktiffelsefe Bursa

Pewartanusantara.com – Heraklitus adalah salah satu tokoh filsafat pada masa kerajaan Yunani Kuno, atau lebih tepatnya era prasokrates. Tokoh ini tidak masuk pada aliran filosof manapun meskipun munculnya bersamaan dengan tokoh-tokoh filsafat lainnya. Ia terkenal dengan pemikirannya yang berbeda dengan tokoh filsafat lainnya, sehingga keberadaanya diakui berdiri sendiri tanpa campur tangan tokoh lain.

Filosof yang satu ini berani mengambil resiko untuk mengomentari tokoh lain yang dirasa menyeleweng dari pemikirannya. Heraklitus juga kerap dianggap sebagai penentang karena kebanyakan pemikirannya bertolak belakang dari pemikiran filsafat pada masa itu. Meskipun filsuf ini sangat kontroversional, namun keberadaanya masih diakui sampai sekarang, dan berikut sedikit ulasan tentangnya.

Riwayat Hidup Heraklitus

Heraklitus adalah seorang filosof yang berasal dari wilayah Asia Kecil di dataran Efesus. Menurut beberapa literatur, heraklitus lahir pada abad 5 sebelum masehi dalam keluarga besar Aristrokat.

Ia ditakdirkan mendedikasikan dirinya sebagai tokoh filosof sehingga harus merelakan hartanya untuk keluarganya. Heraklitus sendiri adalah tokoh filosof yang ada di masa filosof Pythagoras serta Xenophanes.

Tokoh ini memang dikenal dengan tokoh muda yang cerdas dan cerdik. Keunggulannya dibuktikan dengan kemampuannya mengimbangi beberapa tokoh filsafat pada zamannya, meskipun usianya jauh lebih muda.

Heraklitus selama hidupnya mengembangkan pemikirannya di wilayah kelahirannya, yakni Efesus. Pada akhirnya, ia melakukan perjalanan keluar daerah tempat tinggalnya saat wilayah tersebut dikuasai kaisar Persia.

Pemikiran Heraklitus

Heraklitus adalah tokoh filosof yang terkenal dengan pemikirannya tentang perubahan yang terjadi pada alam semesta. Pemikiran Heraklitus tersebut berdasarkan kajiannya tentang tidak adanya sesuatu yang permanen di alam semesta. Konsep pemikiran ini muncul karena menurutnya segala sesuatu berasal dari ketidak adaan dan setelah melewati proses menjadi ada.

Tokoh yang satu ini terkenal sebagai tokoh pencetus kalimat segala sesuatu pastinya mengalir tanpa terkecuali. Heraklitus mengemukakan pendapatnya ini menggunakan bahasa Yunani yang kemudian diterjemahkan oleh pengikutnya. Kalimat tersebut berkaitan dengan keadaan alam semesta yang akan berubah sesuai perkembangan zaman dengan mengalirnya waktu.

Pemikiran Heraklitus yang kedua adalah perubahan yang terjadi di alam semesta dapat beralur secara teratur karena adanya logos. Pemikiran Heraklitus mengenai logos sendiri berbeda dengan pemikiran-pemikiran tokoh filsafat lainnya. Menurut Heraklitus, logos merupakan suatu rasio sebagai hukum yang menggerakkan semua komponen di alam semesta seperti halnya makhluk hidup.

Pemikiran Heraklitus yang terkenal berikutnya adalah setiap yang ada di alam itu memiliki awalan. Menurut pendapat tersebut segala sesuatu yang ada memiliki awalan dan menjadi satu kesatuan padu. Berkaitan dengan itu pula, Heraklitus mencetuskan bahwa suatu pertentangan yang muncul dalam pertikaian adalah keadilan walaupun hal ini mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Pengaruh Pemikiran Heraklitus

Berbagai pemikiran Heraklitus mengenai perkembangan alam semesta banyak menuai konflik dengan para tokoh filsafat lain. Salah satu filosof yang pernah bersitegang dengan Heraklitus adalah Anaximes. Pada masanya, Anaximes menentang pemikiran Heraklitus tentang pertikaian yang dianggap keadialn. Anaximes cenderung menganggap suatu pertikaian adalah ketidakadilan yang selalu dibenarkan.

Munculnya berbagai pertentangan tentang pemikiran Heraklitus sendiri dikarenakan pada masa tersebut masih belum ada filosof yang bisa memisahkan antara komponen rohani dan materi. Belum adanya pencetus komponen tersebut menjadikan pemikiran heraklitos mengenai logos yang dianggap bentuk material sekaligus rohaniah.

“The soul is dyed the color of its thoughts. Think only on those things that are in line with your principles and can bear the light of day. The content of your character is your choice. Day by day, what you do is who you become. Your integrity is your destiny – it is the light that guides your way.”
― Heraclitus

Heraklitus pernah menulis sebuah buku, namun saat ini sudah tidak ditemukan lagi. Menurut literatur buku tersebut berisi beberapa pemikiran Heraklitus dalam fragmen dengan pepatah singkat yang maknanya tidak jelas. Kebanyakan pemikiran Heraklitus yang abu-abu tersebut menjadikan tokoh ini dikenal dengan julukan si gelap karena tidak ada yang bisa menafsirkan pemikirannya.

Baca juga: Parmenides 520 SM – 420 SM dan The Way of Truth

Tentang Penulis

pewarta