Pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup: Kronologi dan Peristiwa Kunci

Avatar
Google News
Pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup: Kronologi dan Peristiwa Kunci
Pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup: Kronologi dan Peristiwa Kunci - pewarta nusantara - (Foto: The Globe and Mail)

Pewarta Nusantara, Moskow – Dalam laporan ini, akan disajikan kronologi dan peristiwa kunci terkait pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup yang telah menjadi sorotan dunia internasional dalam 16 bulan terakhir selama Perang Ukraina.

Sebuah saluran Telegram yang dimiliki oleh Yevgeny Prigozhin, pendiri Wagner Grup, mempublikasikan klaim-klaimnya mengenai serangan udara yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Rusia terhadap unit-unit Wagner Grup.

Hal ini menjadi dasar diangkatnya kasus pidana terhadap Prigozhin atas tuduhan mengorganisir dan memicu pemberontakan bersenjata.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia membantah klaim tersebut, menyebutnya sebagai laporan palsu. Mereka juga mengungkapkan bahwa pasukan Rusia terus melaksanakan misi-misi di area operasi militer khusus.

Presiden Vladimir Putin telah diinformasikan mengenai situasi ini dan tindakan yang diperlukan sedang dilakukan oleh semua agen keamanan Rusia.

Kasus pidana terhadap Prigozhin mendapat dukungan dari Komite Nasional Antiterorisme dan Kantor Jaksa Agung Rusia. Mereka menyatakan bahwa pernyataan Prigozhin telah menjadi dasar untuk memulai kasus pidana yang sah dan beralasan.

Jika terbukti bersalah, pendiri Wagner Grup tersebut dapat menghadapi hukuman penjara antara 12 hingga 20 tahun. Situasi ini juga memunculkan kekhawatiran keamanan di Rusia.

Fasilitas-fasilitas kritis di Moskow diberikan perlindungan yang lebih ketat, langkah-langkah keamanan ditingkatkan, dan unit-unit khusus Garda Nasional Rusia ditempatkan dalam kesiagaan penuh.

Di sisi lain, situasi di gedung “Pusat Wagner Grup” di St. Petersburg tetap tenang, tanpa adanya kehadiran personel keamanan yang signifikan.

Laporan ini mencakup berbagai peristiwa terkait pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup, serta reaksi dari pihak-pihak terkait.

Meskipun masih terdapat pertanyaan yang perlu dijawab dan investigasi yang sedang berlangsung, peristiwa ini telah memicu kekhawatiran akan eskalasi konflik dan menciptakan ketegangan di wilayah tersebut.

Dalam lanjutan peristiwa seputar pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup, Channel 1 Rusia menayangkan dua laporan khusus.

Laporan pertama menyatakan bahwa video tentang “serangan” terhadap posisi Wagner PMC adalah palsu, dengan tidak adanya rekaman video lainnya yang menguatkan klaim tersebut.

Selain itu, file audio di saluran Telegram Prigozhin direkam secara bersamaan dan dipublikasikan sebagai pesan terjadwal, menimbulkan keraguan terhadap keasliannya.

Sebagai tanggapan, kasus pidana diinisiasi terhadap Prigozhin berdasarkan pernyataannya yang dianggap sebagai ajakan untuk memulai konflik sipil bersenjata.

Laporan khusus kedua yang disiarkan oleh Channel 1 Rusia mencakup pidato dari Wakil Komandan pasukan gabungan Rusia di area operasi militer khusus, Sergey Surovikin.

Surovikin meminta anggota Wagner Grup untuk mematuhi perintah Presiden Vladimir Putin dan menyelesaikan semua masalah dengan damai.

Ia mengingatkan bahwa situasi politik internal Rusia saat ini sangat rawan, dan mereka tidak boleh memberikan keuntungan kepada musuh.

Surovikin juga menggarisbawahi pentingnya tunduk pada kehendak dan perintah presiden yang dipilih secara nasional serta mengakhiri konvoi-konvoi dan mengembalikannya ke lokasi penempatan mereka.

Sementara itu, situasi di Moskow dan daerah sekitarnya mengalami peningkatan keamanan. Fasilitas-fasilitas kritis diberikan perlindungan yang diperketat, dan unit-unit khusus Garda Nasional Rusia ditempatkan dalam kesiagaan penuh.

Laporan juga menyebutkan bahwa jalan raya M-4 Rusia yang melewati Rostov-on-Don menuju Aksay telah diblokir, dengan pengalihan lalu lintas kendaraan dan pemeriksaan yang lebih ketat di pos-pos polisi.

Di St. Petersburg, situasi di gedung “Pusat Wagner Grup” tetap tenang tanpa kehadiran personel keamanan yang signifikan. Dalam menghadapi situasi ini, investigasi lebih lanjut dan koordinasi antara otoritas keamanan Rusia terus dilakukan.

Baca juga: YouTube Meluncurkan Uji Coba Game Online untuk Pengguna

Fokus utama adalah untuk menyelesaikan masalah ini dengan damai dan menjaga stabilitas di dalam negeri. Sementara itu, publik dan dunia internasional terus mengikuti perkembangan terkait pemberontakan Prigozhin dan Wagner Grup, karena peristiwa ini dapat berdampak pada situasi geopolitik yang lebih luas. (*Ibs)