Pewarta Nusantara

PAN-RB: 220 Ribu Pegawai Akan Pensiun 2018, Banyak Posisi Yang Akan Diisi CPNS

Pegawai Negeri Sipil
foto/beritapns.com

PEWARTANUSANTARA.COM – Pemerintah Indonesia akan kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2018. Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan ada banyak sekali posisi yang dibutuhkan untuk mengisi kembali posisi para pegawai yang akan pensiun nanti.

Menurut Asman, penerimaan CPNS kira-kira 50% dari keseluruhan para pegawai yang akan pensiun. Sedangkan untuk aparatur sipil negara (ASN) yang akan pensiun tahun 2018 diperkirakan mencapai 220 ribu pegawai.

“Sesuai dengan kesepakatan, minimum 50 persennya berarti 110 ribu, bergantung pada nanti kemampuan keuangan,” tutur Asman.

Saat ini saran dari daerah dan kementerian untuk kebutuhan ASN sudah diterima Kementerian PAN-RB. Sehingga, formasi CPNS 2018 akan bisa diumumkan pada bulan ini. “Insya Allah, Januari sudah mulai kami umumkan,” ungkapnya.

Asman menyatakan, posisi yang diprioritaskan dalam penerimaan CPNS tahun ini adalah tenaga kesehatan dan pendidikan. Sementara, para pegawai yang menunjang pembangunan di daerah masing-masing, contohnya infrastruktur. “Jadi, ada sarjana teknik, sarjana arsitektur, dan bidang pertanian,” paparnya.

Menurut Asman, jika sudah ditetapkan formasinya, kementerian akan melakukan seleksi kemampuan wilayah atas formasi itu.

Semoga saja, lanjut Asman, sistem penerimaan CPNS 2018 yang profesional akan menjadikan ASN lebih unggul dari pegawai korporasi, misalnya perusahaan profesional ataupun perusahaan maju lain.

“Mulai rekrutmennya, pendidikannya, pelatihannya, hingga sistem penempatan jabatan pimpinan tingginya,” pungkasnya.

Nonton Streaming TV Online.
Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Advertisement