Pakistan Dapatkan Kucuran Dana $3 Miliar dari IMF, Memberikan Kelegaan pada Krisis Keuangan

Google News
Pakistan Dapatkan Kucuran Dana $3 Miliar dari IMF, Memberikan Kelegaan pada Krisis Keuangan
Pakistan Dapatkan Kucuran Dana $3 Miliar dari IMF, Memberikan Kelegaan pada Krisis Keuangan - pewarta nusantara - (Foto: GNN)

Pewarta Nusantara, InternasionalPakistan Dapatkan Kucuran Dana $3 Miliar dari IMF dalam Kesepakatan Baru, Meringankan Krisis Keuangan yang Mengancam Kebangkrutan.

Pakistan akhirnya mendapatkan bantuan dana senilai $3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) setelah masa penantian yang panjang.

Kesepakatan ini memberikan kelegaan bagi negara yang hampir menghadapi kebangkrutan dan menghadapi krisis pembayaran serta penurunan cadangan devisa.

Meskipun kesepakatan tersebut masih perlu disetujui oleh dewan IMF pada bulan Juli, Menteri Keuangan Pakistan, Ishaq Dar, meresponnya dengan ungkapan kelegaan dan harapan bahwa kesepakatan tersebut segera tercapai.

Bantuan dana senilai $3 miliar ini memberikan angin segar bagi Pakistan yang menghadapi tantangan ekonomi yang serius, termasuk inflasi yang tinggi dan cadangan devisa yang terbatas.

Negara ini sedang menunggu pembebasan sisa $2,5 miliar dari paket bailout senilai $6,5 miliar yang disepakati sebelumnya.

Program standby arrangement baru ini didasarkan pada program tahun 2019 dan mengakui tantangan yang dihadapi oleh Pakistan, termasuk dampak banjir dan kenaikan harga komoditas pasca-perang di Ukraina.

Selain bantuan keuangan, IMF juga meminta Pakistan untuk melakukan reformasi di sektor energi dan mengambil langkah-langkah kebijakan yang mencakup pengurangan subsidi, kenaikan harga energi dan bahan bakar, serta peningkatan suku bunga kebijakan.

Penyesuaian yang diperlukan ini telah menyebabkan inflasi mencapai rekor tertinggi sepanjang masa, namun diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan investor dan memulihkan kestabilan ekonomi.

Meskipun bantuan ini memberikan kelegaan sementara, masih ada ketidakpastian mengenai masa depan setelah bulan Juni 2023 dengan adanya pemerintahan baru yang akan berkuasa. (*Ibs)

Baca Juga: IMF Menyetujui Pencairan Bantuan $890 Juta untuk Ukraina