Sosok

Mengenal Lebih Jauh Nicolaus Copernicus Dengan Teori Menariknya

Nicolaus Copernicus
“To know that we know what we know, and to know that we do not know what we do not know, that is true knowledge.” - Nicolaus Copernicus

Pewartanusantara.com – Nicolaus Copernicus adalah seorang tokoh ali matematika dan astronomi yang hidup pada masa Renaisans di wilayah Florentina. Nicolaus terkenal dengan banyak pemikirannya yang mengubah presepsi orang dari bidang-bidang yang dikuasainya. Supaya lebih rinci informasi mengenai tokoh filsafat satu ini, berikut biografi Nicolaus Copernicus.

Riwayat Hidup Nicolaus Copernicus

Nicolous Copernicus dilahirkan pada tanggal 19 Februari tahun 1473 di daerah Torun. Selama hidupnya Nicolaus dikenal sebagai seorang Astronom dan matematikawan yang handal. Nicolous merupakan seorang bangsawan yang menguasai perekonomian negara. Menurut beberapa literasi terkait Nicolous, ia asli warga kebangsaan Polandia. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Nicolaus_Copernicus)

Nicolous adalah ahli filsafat yang mengemukakan pemikirannya tentang pusat matahari. Pada pemikirannya tersebut Nicolaus menyebutkan tata surya sesuai bentuk yang spesifik. Pandangan Nicolous itulah yang menambah pesatnya perkembangan SAINS. Nicolous sebagai tokoh filsafat terkenal menjadi pembolak balik teori geosentris.

Selama hidup, Nicolous dikenal sebagai kanon gereja. Disamping kiprahnya sebagai tokoh filsafat, Nocolous juga menjadi seorang Gubernur yang sangat disegani. Pada kesempatan lain Nicolous pernah menjadi administrator kehakiman. Nicolous wafat diusianya yang baru genap 70 tahun pada tanggal 24 Mei di tahun 1543. Nicolous wafat dan dimakamkan di daerah Frombork.

Tokoh yang satu ini terkenal karena menguasai beberapa bidang filsafat seperti matematika, ilmu astronomi, hukum kanon, kedokteran hingga ekonomi. Ia selama hidupnya telah tercatat mengenyam pendidikan di beberapa almamater seperti universitas padua, universitas Bologna, Universitas Ferrara dan juga Universitas Krakow.

“To know that we know what we know, and to know that we do not know what we do not know, that is true knowledge.”

Nicolaus Copernicus

Pemikiran Nicolaus Copernicus

Biografi Nicolaus Copernicus yang juga penting adalah pemikirannya yang revolusioner. Awal mula karirnya dalam bidang filsafat adalah saat pelantikannya sebagai tangan kanan dari pamannya sendiri. Pengembanan tugas tersebut menjadikan Nicolaus seorang sekretaris, penasihat sekaligus seorang dokter pribadi. Nicolous mengawali karirnya pada masa kejayaan ordo Kristen.

Pemikiran Nicolous dikenal dengan konsep Copernicus yang jauh dari ajaran Aristoteles. Seorang Nicolous juga menggagas pemikiran yang bertolak belakang dengan pemikiran tokoh matematika Yunani.

Menurut pemikirannya, Nicolous menyangkal gagasan matahari yang terbit dari ufuk timur. Gagasan lain yang ditolak adalah lintasan gerak matahari mengikuti jalur angkasa sehingga terbenam di barat. Pemikiran Nicolous tersebut menjadikan konsep Copernicus salah satu rujukan bumi tidak diam namun berputar mengelilingi matahari.

Konsep mengenai tata surya tersebut sebenarnya tidak hanya sekali diungkapkan dalam dunia filsafat. Pemaparan konsep mengenai bumi berputar mengelilingi matahari memang banyak namun yang paling menonjol adalah gagasan dari Nicolous.

“For I am not so enamoured of my own opinions that I disregard what others may think of them.”

Nicolaus Copernicus

Karya Nicolaus Copernicus

Nicolous bergerak sesuai dengan bidangnya dengan membuat karya-karya tulis. Selama menjalankan misinya membuat sebuah karya, tidak sedikit yang menentang perjuangan Nicolous karena dianggap pemikirannya tidak sesuai jalur. Penentangan yang dihadapi oleh Nicolous tidak hanya dari para bangsawan namun dari para ahli filsafat juga.

Copernikus yang sudah berhasil membalikkan teori ilmiah menjadikannya sebuah karya ilmiah yang dapat dikenang hingga saat ini. Pemikiran Nicolous sampai sekarang masih banyak digunakan sebagai sumber rujukan penguat konsep melakukan riset tata surya. Pemanfaatan konsep Copernicus untuk saat ini memang tidak murni lagi karena telah banyak disempurnakan tokoh filsafat setelahnya.

“Those things which I am saying now may be obscure, yet they will be made clearer in their proper place.”

Nicolaus Copernicus

Pengaruh Nicolaus Copernicus

Pada dunia pengetahuan pandangan seorang Nicolous sangat berpengaruh terlebih pada abad 19 banyak terjadi perdebatan sengit. Perdebatan yang diakibatkan pemikiran Nicolaus ini sebenarnya positif karena dapat menstimulus setiap orang untuk mengeluarkan gagasannya sendiri. Dalam biografi Nicolaus Copernicus, ia tercatat sebaggai seorang Jerman yang memiliki banyak nama. Beberapa nama Nicolaus diilhami dari beberapa daerah yang disinggahi. Nicolaus lahir dan asli warga Jerman sedangkan keluarganya tidak diketahui asal-usulnya. Banyak yang menganggap Nicolous seorang Polandia karena saat lahir daerahnya dijajah bangsa Polandia.

Baca juga: Biografi William of Ockham (occam) Bapak Nominalisme

Tentang Penulis

Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Pegiat media sosial dan aktif dalam Persatuan Pemuda Kreatif.
Editor di Pewarta Nusantara dan aktif sejak 2018.