MenPAN RB Umumkan Rencana Rekrutmen 1 Juta CPNS Tahun Ini untuk Membangun Aparatur Negara yang Berkualitas

Avatar
Google News
- pewarta nusantara - (Foto: pewarta nusantara)

Pewarta NusantaraMenPAN RB Sampaikan Informasi Terbaru mengenai Rekrutmen 1 Juta CPNS Tahun Ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2023.

Dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, MenPAN RB menyampaikan bahwa total kuota rekrutmen CPNS tahun ini adalah sebanyak 1.030.751 orang.

Menurut Azwar Anas, sebagian besar kuota tersebut, yaitu sekitar 80 persen, akan diperuntukkan bagi pegawai non-ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), sedangkan sisanya, sekitar 20 persen, akan ditujukan untuk lulusan baru.

Pemerintah akan memberikan prioritas kepada lulusan baru dengan keahlian di bidang digital. Azwar menjelaskan bahwa kualifikasi khusus akan ditetapkan untuk lulusan baru yang ingin mengisi posisi yang dibutuhkan oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Azwar juga menyampaikan bahwa masih ada instansi pemerintah daerah dan pusat yang belum mengusulkan jumlah formasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Pertamina Luncurkan BBM Bioetanol sebagai Alternatif Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Ketergantungan Terhadap Minyak Bumi

Jumlah kuota rekrutmen CPNS yang disebutkan sebelumnya masih bersifat usulan dan sedang dalam proses peninjauan.

MenPAN RB menjelaskan bahwa sejumlah instansi pemerintah daerah dan pusat belum mengusulkan formasi yang dibutuhkan, sehingga angka tersebut masih dalam perhitungan dan peninjauan lebih lanjut.

Berikut ini adalah rincian kebutuhan ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk pusat dan daerah:

Untuk Pusat:

  • CPNS Dosen: 15.858 orang
  • CPNS Tenaga Teknis Lainnya: 18.595 orang
  • P3K Dosen: 6.742 orang
  • P3K Tenaga Guru: 12.000 orang
  • P3K Tenaga Kesehatan: 12.719 orang
  • P3K Tenaga Teknis Lainnya: 15.205 orang

Untuk Daerah:

  • P3K Guru: 580.202 orang
  • P3K Tenaga Kesehatan: 327.542 orang
  • P3K Tenaga Teknis Lainnya: 35.000 orang
  • Alokasi PNS lulusan sekolah kedinasan: 6.259 orang

MenPAN RB menyatakan bahwa angka tersebut masih dapat mengalami perubahan setelah dilakukan koordinasi dengan instansi pemerintah daerah dan pusat yang belum mengusulkan formasi.

Peninjauan lebih lanjut akan dilakukan sebelum penetapan resmi kuota rekrutmen CPNS tahun ini.

Dengan adanya pengumuman rekrutmen CPNS sebanyak 1 juta orang, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada lulusan baru dan pegawai non-ASN untuk berkontribusi dalam pembangunan negara sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah. (*Ibs)