Mengamuk Tak Terbendung: Kebakaran Hutan di Kanada Mencapai 2.405 Titik, Ancam Lingkungan dan Keselamatan

Avatar
Google News
Mengamuk Tak Terbendung: Kebakaran Hutan di Kanada Mencapai 2.405 Titik, Ancam Lingkungan dan Keselamatan
Mengamuk Tak Terbendung: Kebakaran Hutan di Kanada Mencapai 2.405 Titik, Ancam Lingkungan dan Keselamatan - pewarta nusantara - (Foto: The Toronto Star)

Pewarta Nusantara Kanada Dilanda Kebakaran Hutan: 10 Titik Baru Terbakar, Total Mencapai 2.405 Kebakaran Tahun Ini.

Sepuluh kebakaran hutan baru melanda Kanada pada Jumat, meningkatkan jumlah kebakaran hutan sepanjang tahun ini menjadi 2.405, menurut Canadian Interagency Forest Fire Centre (CIFFC).

Meskipun ada penurunan jumlah kebakaran hutan aktif dan tidak terkendali dibandingkan dengan hari sebelumnya, kondisi cuaca yang tidak menentu di beberapa wilayah menyulitkan upaya pemadaman.

Pusat tersebut melaporkan bahwa pada Jumat, terjadi 89 kebakaran hutan yang berhasil dibendung dan 114 kebakaran yang terkendali.

Namun, luas lahan yang terdampak kebakaran hutan mencapai sekitar 45.000 kilometer persegi, menjadikan tahun 2023 sebagai salah satu tahun paling buruk dalam sejarah Kanada dalam hal kebakaran hutan.

Wilayah Alberta mengalami cuaca yang tidak menentu dengan kondisi panas dan kering di bagian utara. Prakiraan cuaca mengindikasikan potensi terjadinya kebakaran yang ekstrem di wilayah tersebut.

Di Ontario, dua kebakaran besar di ujung utara sedang diberikan upaya pemadaman dan penyalaan terbatas. Pusat tersebut memperkirakan bahwa kemungkinan akan terjadi lebih banyak kebakaran akibat sambaran petir dari petir yang sudah ada maupun yang baru.

Baca juga: PM Kanada Buka Pintu Harapan Bagi Ukraina dengan Bantuan Militer Mendadak dalam Kunjungan Dramatis ke Kyiv

Kebakaran hutan yang melanda Kanada memiliki dampak yang serius terhadap lingkungan dan masyarakat. Upaya pemadaman dan pengendalian kebakaran terus dilakukan oleh pihak berwenang dan tim pemadam kebakaran untuk melindungi sumber daya alam serta keselamatan penduduk. (*Ibs)