Mega Kesepakatan: Suriah, Turki, dan Iran Setuju dengan Rencana Rusia untuk Mengakhiri Konflik dan Memulihkan Hubungan!

Avatar
Google News
Mega Kesepakatan: Suriah, Turki, dan Iran Setuju dengan Rencana Rusia untuk Mengakhiri Konflik dan Memulihkan Hubungan!
Mega Kesepakatan: Suriah, Turki, dan Iran Setuju dengan Rencana Rusia untuk Mengakhiri Konflik dan Memulihkan Hubungan! - pewarta nusantara - (Foto: Anadolu Agency)

Pewarta Nusantara – Suriah, Turki, dan Iran Sepakat dengan Rencana Rusia untuk Normalisasi Hubungan. Utusan khusus presiden Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentyev, mengungkapkan bahwa Suriah, Turki, dan Iran telah menyetujui konsep peta jalan yang diajukan oleh Rusia untuk memulihkan hubungan antara Ankara dan Damaskus.

Menurut Lavrentyev, semua pihak secara umum setuju dengan konsep tersebut dan sekarang perlu mengkoordinasikan pandangan dan proposal yang ada.

Proses normalisasi ini membutuhkan waktu, tetapi yang terpenting adalah bahwa ada kemajuan yang terjadi. Lavrentyev menekankan pentingnya menjaga momentum agar proses ini terus bergerak maju dan tidak tertunda.

Moskow telah menyampaikan rancangan peta jalan kepada Turki dan Suriah mengenai normalisasi hubungan antara keduanya. Lavrentyev juga menjelaskan bahwa draf tersebut bisa mengalami perubahan seiring dengan koordinasi lebih lanjut antara negara-negara terkait.

Saat ini, salah satu fokus utama dari peta jalan tersebut adalah memulihkan kendali pemerintah Suriah di seluruh wilayah negara, menjaga keamanan perbatasan antara Suriah dan Turki, serta menghilangkan kemungkinan serangan lintas batas atau infiltrasi teroris.

Selain itu, Lavrentyev juga menyebut bahwa Moskow memiliki bukti bahwa Amerika Serikat sedang memperkuat kehadiran militer mereka di Suriah, terutama di wilayah timur laut dan Al-Tanf yang telah diduduki secara ilegal oleh AS.

Hal ini mencerminkan pengetatan posisi AS dalam hubungannya dengan Damaskus dan upaya untuk mempengaruhi situasi di Suriah.

Perjanjian mengenai peta jalan ini merupakan langkah penting dalam mencapai stabilitas dan perdamaian di Suriah serta membangun kembali hubungan antara negara-negara terkait.

Baca juga: Putin: Rusia Bertekad Mendukung Upaya Pencegahan Pengembangan Senjata Biologis

Koordinasi dan kerjasama yang diperlukan antara Suriah, Turki, Iran, dan Rusia akan menjadi faktor kunci dalam mewujudkan normalisasi hubungan yang diharapkan dan mengatasi tantangan yang ada di wilayah tersebut. (*Ibs)