News, Sport  

Manchester City Raih Gelar Piala FA untuk Ke-7 Kalinya: Rekor Kilat, Dominasi Pep Guardiola, dan Pecahkan Rekor Gol!

Avatar
Google News
Manchester City Raih Gelar Piala FA untuk Ke-7 Kalinya Rekor Kilat, Dominasi Pep Guardiola, dan Pecahkan Rekor Gol!
Manchester City Raih Gelar Piala FA untuk Ke-7 Kalinya Rekor Kilat, Dominasi Pep Guardiola, dan Pecahkan Rekor Gol! - pewarta nusantara - (foto: voi.id)

Pewarta Nusantara – Fakta Menarik Mengenai Kemenangan Manchester City dalam Piala FA. Manchester City berhasil meraih gelar Piala FA yang ke-7 sepanjang sejarah mereka, menyamai prestasi klub Aston Villa.

Pada pertandingan final Piala FA musim 2022-23, City berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1. Menariknya, ada lima klub, yaitu Tottenham, Liverpool, Chelsea, Manchester United, dan Arsenal, yang memiliki jumlah trofi Piala FA lebih banyak daripada City. Trofi ini menambah daftar prestasi mereka yang telah membanggakan.

Salah satu momen menarik dalam pertandingan tersebut adalah gol kilat yang dicetak oleh Ilkay Guendogan dalam waktu hanya 12 detik.

Gol tersebut menjadi gol tercepat dalam sejarah final Piala FA, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Louis Saha pada tahun 2009.

Guendogan juga menjadi pemain tertua yang berhasil mencetak brace dalam final Piala FA sejak Nat Lofthouse pada tahun 1958.

Selain itu, Bruno Fernandes dari Manchester United juga mencetak gol dalam pertandingan tersebut. Hal ini menandai pertama kalinya dalam sejarah Piala FA di mana kapten dari kedua tim berhasil mencetak gol di final.

Prestasi yang luar biasa juga diraih oleh manajer Manchester City, Pep Guardiola. Guardiola menjadi pelatih ketiga dalam sejarah sepak bola Inggris yang berhasil meraih gelar ganda, yaitu Premier League dan Piala FA, lebih dari satu kali.

Prestasi serupa sebelumnya hanya diraih oleh Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson. Selain itu, Guardiola juga memiliki rekor impresif dalam final kompetisi.

Dari 11 final yang pernah dia lakoni sebagai pelatih, ia berhasil memenangkan 10 di antaranya. Satu-satunya kekalahan yang dialaminya dalam final adalah pada Copa del Rey 2011 ketika melatih Barcelona melawan Jose Mourinho.

Namun, kemenangan City dalam final Piala FA juga menyoroti rekor buruk yang dialami oleh Manchester United. Tim ini telah mengalami kekalahan terbanyak dalam sejarah final Piala FA, yaitu sebanyak 9 kali.

Dalam lima pertandingan final terakhir Piala FA yang mereka mainkan, United hanya berhasil memenangkan satu pertandingan dan kalah dalam empat pertandingan lainnya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Manchester City Musim 2022-2023 Selain Juara Liga Inggris

Tidak hanya itu, Manchester City juga mencatatkan rekor gol yang mencengangkan. Mereka telah mencetak 150 gol dalam semua kompetisi musim ini.

Ini merupakan keempat kalinya klub divisi teratas Inggris mencetak gol sebanyak itu dalam satu musim, dan keempat kalinya pula Manchester City yang melakukannya.

Sebelumnya, mereka mencetak 156 gol pada musim 2013-14, 169 gol pada musim 2018-19, dan 150 gol pada musim sebelumnya.

Kemenangan Manchester City dalam Piala FA menjadi catatan penting dalam sejarah klub mereka. Dengan gelar yang diraih dan rekor-rekor yang terpecahkan, klub ini semakin mengukuhkan dominasinya dalam sepak bola Inggris. (*Ibs