News, Sport  

Liga 1 Indonesia Berpotensi Menjadi Pesaing Serius J1 League Jepang, Kata Pelatih Madura United

Avatar
Google News
Liga 1 Indonesia Berpotensi Menjadi Pesaing Serius J1 League Jepang, Kata Pelatih Madura United
Liga 1 Indonesia Berpotensi Menjadi Pesaing Serius J1 League Jepang, Kata Pelatih Madura United - pewarta nusantara - (Foto: bola.com)

Pewarta Nusantara – Pernyataan dari pelatih Madura United, Maurizio Souza, yang mengatakan bahwa Liga 1 Indonesia dapat setara dengan J1 League Jepang merupakan pandangan optimis mengenai perkembangan sepak bola Indonesia di masa depan.

Souza, mantan pelatih Vasco da Gama, percaya bahwa dengan perbaikan yang dilakukan oleh sejumlah klub, sepak bola Indonesia dapat terus berkembang dan mencapai level yang setara dengan kompetisi Jepang.

PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) juga telah melakukan studi banding ke Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA), yang menunjukkan upaya untuk meningkatkan kompetisi sepak bola Indonesia.

Salah satu aspek yang dibahas adalah peningkatan kualitas wasit di Liga 1 dengan rencana penggunaan VAR serta peningkatan kualitas kompetisi sepak bola putri.

Selain itu, Souza juga menyebut program pembinaan pemain usia dini jangka panjang yang dilakukan oleh Madura United melalui Madura United Football Academy (MUFA) sebagai langkah strategis untuk memajukan kualitas sepak bola Indonesia.

Pernyataan ini mencerminkan optimisme dalam perkembangan sepak bola Indonesia dan keyakinan bahwa dengan peningkatan struktur, perencanaan, dan kerja sama yang baik, Liga 1 Indonesia dapat mencapai tingkat yang setara dengan liga-liga terbaik di Asia seperti J1 League Jepang.

Baca juga: Kudela Kembali Berlatih Bersama Persija: Semangat dan Kegembiraan Menyambut Liga 1 2023-2024

Namun, hal ini tentu membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten dari seluruh pihak terkait, termasuk klub, federasi sepak bola, dan pemangku kepentingan lainnya. (*Ibs)