6 Keuntungan Bekerja di BUMN

Avatar
Google News
Keuntungan Bekerja di BUMN
Keuntungan Bekerja di BUMN (Foto: bumn.go.id)

Pewarta Nusantara – Bekerja di BUMN sangat diminati karena beberapa alasan yang mendasar. Pertama, keamanan kerja yang tinggi menjadi salah satu faktor utama.

BUMN merupakan badan usaha yang dimiliki oleh negara, sehingga memiliki stabilitas yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan swasta. Hal ini memberikan jaminan bagi karyawan tentang kelangsungan pekerjaan mereka dalam jangka panjang.

Selain itu, BUMN juga menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif. BUMN memiliki kebijakan remunerasi yang baik, yang mencakup gaji yang layak, bonus, insentif, serta tunjangan seperti asuransi kesehatan, asuransi pensiun, dan fasilitas lainnya. Gaji yang menarik ini memberikan keamanan finansial bagi karyawan dan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Selanjutnya, BUMN juga memberikan peluang karir dan pengembangan diri yang luas. BUMN memiliki struktur organisasi yang kompleks dan beragam, sehingga menyediakan jenjang karir yang jelas dan kesempatan untuk naik pangkat.

Selain itu, BUMN sering kali menyelenggarakan pelatihan, kursus, dan program pengembangan karyawan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka. Ini memungkinkan karyawan untuk terus belajar dan berkembang dalam lingkungan kerja yang mendukung.

Terakhir, bekerja di BUMN memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada pembangunan dan kemajuan negara.

BUMN memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, baik dalam sektor energi, infrastruktur, kesehatan, atau industri lainnya.

Dengan bekerja di BUMN, seseorang dapat merasa terlibat dalam upaya memajukan negara dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dalam kombinasi dengan keamanan kerja, gaji dan tunjangan yang menarik, peluang karir dan pengembangan diri, serta kontribusi pada pembangunan negara, tidak heran bahwa banyak orang yang tertarik untuk bekerja di BUMN.

BUMN memberikan stabilitas, keuntungan finansial, dan peluang pertumbuhan yang diinginkan oleh banyak individu dalam mencari pekerjaan yang memenuhi harapan mereka.

Baca juga: Memahami Tes Bahasa Inggris BUMN 2023 Dengan Mudah

Sejarah BUMN

Mengenal sejarah BUMN memiliki banyak kepentingan yang relevan. Pertama, memahami sejarah BUMN membantu kita memahami latar belakang dan perkembangan perusahaan tersebut.

Sejarah BUMN mencakup aspek pembentukan, perkembangan, peran dalam perekonomian, dan transformasi bisnis dari waktu ke waktu.

Dengan memahami sejarah ini, kita dapat memiliki wawasan yang lebih komprehensif tentang bagaimana BUMN berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara.

Selanjutnya, mengenal sejarah BUMN juga dapat memberikan gambaran tentang visi, misi, dan nilai-nilai yang mendasari perusahaan tersebut.

BUMN sering kali mendasarkan operasionalnya pada prinsip-prinsip yang dibangun sejak masa lalu, seperti pelayanan publik, tanggung jawab sosial, dan pengembangan sumber daya manusia.

Dengan memahami sejarah ini, kita dapat melihat bagaimana BUMN menjalankan tugasnya sebagai entitas yang dimiliki oleh negara dan berperan dalam kepentingan publik.

Selain itu, mengenal sejarah BUMN juga memberikan wawasan tentang prestasi dan tantangan yang dihadapi perusahaan dalam perjalanannya.

Sejarah BUMN mencakup berbagai pencapaian dan kesuksesan yang telah diraih, serta hambatan dan krisis yang pernah dihadapi.

Informasi ini dapat menjadi pembelajaran berharga bagi BUMN saat ini dan masa depan dalam menghadapi perubahan ekonomi, teknologi, dan tantangan lainnya.

Dengan memahami sejarah BUMN, kita juga dapat lebih mengapresiasi peran dan kontribusi BUMN dalam pembangunan nasional.

BUMN memiliki peran strategis dalam sektor-sektor penting seperti energi, infrastruktur, pertambangan, transportasi, dan lain sebagainya.

Mengenal sejarah BUMN membantu kita menghargai upaya dan kontribusi BUMN dalam pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan negara.

Dengan demikian, mengenal sejarah BUMN tidak hanya penting sebagai wawasan sejarah perusahaan, tetapi juga sebagai pemahaman yang mendalam tentang peran, nilai-nilai, dan kontribusi BUMN dalam pembangunan nasional.

Era Kolonial Belanda

Sejarah BUMN Indonesia dimulai pada masa kolonial Belanda, di mana perusahaan-perusahaan milik Belanda seperti perusahaan perkebunan dan perusahaan kereta api dibentuk.

Era Kemerdekaan

Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia mulai membentuk BUMN sebagai alat untuk menggerakkan perekonomian nasional. Beberapa BUMN yang didirikan pada masa ini antara lain Pertamina, Garuda Indonesia, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Era Orde Baru

Pada masa Orde Baru, pemerintah lebih aktif dalam membentuk BUMN sebagai alat untuk mengendalikan perekonomian. Beberapa BUMN yang didirikan pada masa ini antara lain Bank Mandiri, Telkom, dan Krakatau Steel.

Era Reformasi

Setelah reformasi, pemerintah mulai mengubah pola pembangunan dengan memperkuat sektor swasta dan mengurangi intervensi pemerintah dalam perekonomian. Meski demikian, BUMN masih memainkan peran penting dalam perekonomian nasional.

6 Keuntungan Bekerja di BUMN

Mengetahui keuntungan bekerja di BUMN penting karena BUMN menawarkan sejumlah manfaat yang menarik bagi para pekerja.

Pertama, BUMN memberikan stabilitas kerja yang tinggi karena sebagai perusahaan milik negara, BUMN cenderung memiliki keberlanjutan jangka panjang dan jarang mengalami pemutusan hubungan kerja masal.

Selain itu, BUMN juga sering kali memberikan gaji dan tunjangan yang kompetitif, serta berbagai fasilitas karyawan seperti asuransi kesehatan, pensiun, dan program pengembangan karir.

Keuntungan lainnya adalah peluang untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang berharga dalam industri yang beragam, serta kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan masyarakat melalui peran strategis BUMN di sektor-sektor kunci.

Oleh karena itu, mengetahui keuntungan bekerja di BUMN dapat membantu seseorang dalam membuat keputusan karir yang lebih baik dan meningkatkan kesadaran akan peluang dan manfaat yang ditawarkan oleh sektor BUMN.

Berikut adalah keuntungan-keuntungan bekerja di BUMN:

1. Keamanan Kerja yang lebih baik

BUMN menawarkan keamanan kerja yang lebih stabil dibandingkan perusahaan swasta. Sebagai badan usaha yang dimiliki oleh negara, BUMN cenderung memiliki keberlanjutan jangka panjang, sehingga karyawan merasa lebih aman dan memiliki kepastian dalam menjalankan pekerjaan mereka.

2. Gaji dan Tunjangan yang menarik

BUMN biasanya memberikan gaji dan tunjangan yang kompetitif kepada karyawannya. Selain itu, fasilitas tambahan seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa seringkali disediakan, memberikan perlindungan dan manfaat tambahan bagi karyawan.

3. Peluang Karir dan Pengembangan Diri yang baik

BUMN menyediakan peluang yang luas untuk pengembangan karir dan peningkatan keterampilan. Karyawan dapat mengikuti berbagai pelatihan, kursus, dan seminar yang diselenggarakan oleh BUMN untuk meningkatkan kompetensi mereka. Selain itu, BUMN juga memberikan kesempatan promosi dan kenaikan pangkat, memungkinkan karyawan untuk tumbuh dan berkembang dalam karir mereka.

4. Stabilitas Perusahaan yang didukung oleh pemerintah

Sebagai perusahaan yang dimiliki oleh negara, BUMN memiliki dukungan penuh dari pemerintah. Hal ini memberikan kestabilan yang lebih tinggi dalam menjalankan operasionalnya. Dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu, BUMN seringkali memiliki keberlanjutan yang lebih baik, yang pada gilirannya memberikan kepastian kepada karyawan.

5. Reputasi yang baik dan prestise

BUMN seringkali memiliki reputasi yang baik dan dihormati dalam industri tertentu. Bekerja di BUMN dapat memberikan kebanggaan dan prestise, serta membuka pintu bagi kesempatan kerja di masa depan. Reputasi yang baik ini juga dapat membantu dalam membangun jaringan profesional dan memperluas peluang karir.

6. Kontribusi dalam pembangunan ekonomi dan masyarakat

BUMN memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi dan masyarakat. Bekerja di BUMN memungkinkan karyawan untuk turut serta dalam memajukan negara dan berkontribusi pada pembangunan infrastruktur, energi, telekomunikasi, transportasi, dan sektor-sektor kunci lainnya.

Dengan mempertimbangkan keuntungan-keuntungan ini, bekerja di BUMN dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari stabilitas, pengembangan karir, dan kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan negara.

Pewarta: Erniyati KhalidaEditor: Nurul
AvatarErniyati Khalida
Mau tulisan kamu dimuat di Pewarta Nusantara seperti Erniyati Khalida? Kirim Tulisan Kamu