Pewarta Nusantara

Kemenag dan para Kyai Mutakhirkan Rumusan Muktamar Pemikiran Santri Nusantara

Bogor – Kementerian Agama melalui direktorat pendidikan diniyah dan pondok pesantren mengundang para kyai guna menuntaskan perumusan muktamar pemikiran santri nusantara yang akan dilangsungkan di Yogyakarta, pada 10-12 Oktober mendatang.

Muktamar pemikiran santri nusantara ini merupakan serangkaian acara menjelang Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Rencanyanya, muktamar ini akan dihadiri lebih dari 3500 partisipan santri dari berbagai kalangan. Tim seleksi peserta dari kemenag tidak menyangka bahwa animo santri begitu besar untuk mengikuti muktamar ini. “Kami menerima 1094 paper dari para santri calon peserta muktamar, nantinya akan kami seleksi menjadi 200 orang santri saja” ujar kasubdit pendidikan diniyah dan mahad aly, Ainur Rofiq.

Selain 200 peserta tersebut, ada15 pembicara utama, 35 mudir mahad aly, 15 pengurus amali, 74 pengurus cabang aspendif, 85 pengurus FKPM, serta partisipan sebanyak +-3500 santri.

Lebih lanjut, Ainur mengungkapkan bahwa persiapan muktamar akan digodog lebih dalam pada pertemuan khusus membahas muktamar pemikiran santri nusantara dan malam kebudayaan antara kemenag dan pihak-pihak terkait.

Diwawancara terpisah, ustadz Musa salah satu panitia penyelenggara muktamar dari ponpes Al Munawwir Krapyak mengatakan bahwa persiapan dari panitia lokal sudah hampir 100 persen “kami dari panitia sekaligus tuan rumah persiapan sudah nyaris 100 persen” tandasnya.
Rois

Nonton Streaming TV Online.
Nurul Hidayat

Nurul Hidayat

Advertisement