Pewarta Nusantara

KEBANGSAAN

Menurut saya Setiap warga negara Indonesia memiliki kedudukan hak dan kewajiban yang sama. Yang terpenting setiap orang haruslah terjamin  haknya untuk mendapatkan status kewarganegaraan. Indonesia adalah negara yang besar. Kaya akan suku, budaya, agama, bahasa,  kekayaan yang melimpah, dan memiliki ribuan pulau yang terbentang luas dan diiringi jumlah penduduk yang selalu bertambah.  Seiring perjalanan waktu,  wawasan kebangsaan semakin memudar.

Menurut kalian apa itu Kebangsaan? Apakah dengan mengakui bahwa “ Saya berKEBANGSAAN Indonesia “ itu sudah bisa di katakan KEBANGSAAN? “ itu namanya hanya pengakuan saja. Negara kita saat ini sedang mengalami krisis kebangsaan. Kebangsaan negara kita setiap harinya terancam. Ancam-ancaman dari luar yang ingin menghancurkan negara kita dengan cara-cara yang tidak pantas dan merusak moral. Misalnya, Narkoba adalah salah satu cara warga asing untuk mengintervensi generasi muda di Indonesia. Untuk itu, Marilah kita para generasi muda tidak terjerat kepada barang haram itu serta membantu penegak hukum untuk memberantasnya. Kalian pasti sudah sering mendengar barang haram itu. Di Negara kita ini, Narkoba bukanlah hal yang tabu lagi untuk di bicarakan. Jangan menyepelekan Narkoba. Barang tersebut bisa merusak diri kita dalam persekian detiknya setelah mengkonsumsi obat tersebut. Dengan menggunakan Narkoba, Kita bisa kehilangan akal sehat. Selalu melakukan hal-hal buruk yang tentu saja berdampak pada kebangsaan kita.

Dengan susah payah para pahlawan memerdekakan negara kita. Bertumpah darah bahkan mati untuk negara kita. Kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum colonial terus menggunakan politik “devide et impera”. Kendati demikian, catatan sejarah perlawanan para pahlawan itu telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha mengusir penjajah dari Nusantara. Sekali lagi para generasi Muda, Mari banggakan bangsa kita ini. Dengan menjunjung nilai tinggi pancasila dan membuktikan bahwa Kebangsaan Indonesia adalah Bangsa yang kuat dan cerdas.

Pada tanggal 10 November di peringati sebagai hari Pahlawan. Yang melatarbelakangi tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan adalah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda. Mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) Sumarsono yang juga ikut ambil bagian dalam peperangan pada saat itu mengusulkan kepada Presiden Soekarno agar menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Momentum peperangan di Surabaya tersebut menjadi legitimasi peran militer dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai kepahlawanan tersemat dalam sebuah perjuangan melawan agresi militer. Dan untuk memobilisasi kepahlawanan secara militeristik. Sekali lagi dan lagi, Saya sebagai Generasi muda penerus bangsa mengajak kalian semua untuk menjadi generasi menghargai perjuangan para pahlawan-pahlawan kita.

Hari jadi Pewarta Nusantara yang bertepatan dengan hari pahlawan juga yaitu  pada tanggal 10 November mengusung tema “Merajut Kebinekaan untuk Persatuan dan Kesatuan”. Tema ini disusung guna menyikapi era yang serba teknologi dan termediakan. Bagaimana tidak, Pengetahuan masyarakat jawa terhadap keadaan dan berbagai informasi tentang Papua, Sulawesi, Sumatera, tentusaja berasal dari teknologi media elektronik. Begitu juga sebaliknya, masyarakat papua yang kemudian bisa mengenal Sumatera, Kalimantan Jawa baik kebudayaan maupun kegiatan adatnya tentu berasal dari sumber yang sama. Untuk itu, perlu kiranya Pewarta Nusantara menjembatani satu ungkapan perasaan yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang bagai mana sesungguhnya kita tidak sekedar saling tau, melainkan saling cinta dan saling menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Apa itu Pewarta Nusantara? Pewarta Nusantara adalah media online yang memfasilitasi generasi kreatif Indonesia di bidang literasi. Kalian adalah generasi muda yang mengaku kreatif tapi belum mengunjungi website resmi mereka? Ayo kunjung website resmi mereka di https://www.pewartanusantara.com/ Kalian bisa mendapatkan hal-hal yang bermanfaat di website mereka.

Nonton Streaming TV Online.
Sri Wahyuni

sri wahyuni

Advertisement