Pewarta Nusantara

Jowo digowo, Arab digarap, Barat diruwat

Jowo digowo arab digarap barat di ruwat
Ilustrasi/Feri

Berbicara mengenai budaya Jawa pastinya kita akan tertuju pada segala tradisi atau budaya dan istilah-istilah nya yang sangat kental. Seperti pada artikel yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai isitilah jawa yang pasti nya membuat Anda bertanya-tanya. Maka dari itu wajib kiranya kita memahami makna istilah jawa “jowo digowo, arab digarap, barat diruwat”.

Pada istilah ini pastinya memiliki pesan yang tersendiri dari para leluhur untuk bangsa Indonesia, khususnya pada orang Jawa. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui apa maksud dari pernyataan tersebut. Mungkin hanya orang Jawa lah yang mengerti dan paham maksud dari istilah itu.

Maka dari itu disini kami akan memberikan sedikit ulasan agar Anda memahami makna istilah jawa “jowo digowo, arab di garap, barat diruwat”. Sebaiknya jangan berlama-lama lagi mari kita simak ulasan yang sudah kami sajikan untuk Anda seperti berikut ini.

Memahami Makna Istilah Jawa “Jowo digowo, Arab digarap, Barat diruwat”

  1. Jowo Digowo (Jawa Dibawa)

Untuk kalimat pertama dalam istilah jawa tersebut adalah jowo digowo, atau dalam bahasa Indonesia nya adalah jawa dibawa. Dalam hal ini istilah dalam kalimat pertama memiliki arti yakni dimanapun nantinya Anda berada, dan kapapun. Yang namanya Budi pekerti itu harus selalu dibawa atau harus diterapkan.

Jangan sampai nantinya kita menjadi “wong jowo kang ilang jawane”,pernyataan kali ini juga memiliki arti. Yakni jangan sampai kita menjadi orang yang lupa akan tatakrama nya. Perlu diketahui makana “jowo” tersebut memiliki makna subosito (tatakrama).

  1. Arab Digarap

Untuk kalimat kedua memahami makna istilah jawa “jowo digowo, arab digarap, barat diruwat” memiliki arti tersendiri. Yakni segala sesuatunya yang berasal dari Arab jangan langsung digunakan begitu saja. Melainkan kita harus mempelajari, mengerti, dan memahami nya terlebih dahulu.

Hal ini yang perlu diperhatikan terutama untuk semua kaum muslimin, bahwa harus bisa membedakan. Manakah yang termasuk dari budaya arab, dan manakah yang memang benar-benar ajaran islam. Karena tidak semua segala sesuatu yang dari Arab itu merupakan ajaran islam.

 

  1. Barat Diruwat

Dan kalimat yang terkahir adalah barat diruwat, maksudnya dalam hal ini adalah segala sesuatu yang datang dari negara barat. Sebaiknya harus kita ruwat, yakni kita saring apakah budaya tersebut, sesuai dengan budaya kita atau malah sebaliknya.

Jika budaya yang dibawa negara barat tersebut tidak sesuai dengan apa yang ada di budaya dan ajaran kita. Sebaiknya budaya barat tersebut dibuang dan ditinggalkan. Namun apabila masih ada kesesuaian juga harus kita saring lagi apakah hal tersebut bermanfaat atau tidak untuk kita.

Nah itulah ulasan dalam memahami istilah jawa Jowo digowo, Arab digarap, Barat diruwat. Semoga setelah membaca artikel tersebut Anda mulai memahami apa yang dimaksud akan istilah jawa tersebut. Yang pastinya sangat bermanfaat untuk kita sebagai bangsa Indonesia khususnya orang jawa, terima kasih.

Nonton Streaming TV Online.
Ardi Sentosa

Ardi Sentosa

Bukan super hero, bukan juga budak politik atau kepentingan manapun. Just Ardi Sentosa.

Advertisement

Advertisement